Selasa, 16 Jul 2019
baliexpress
icon featured
Bali

13 Ekor Penyu Hijau Diamankan Polres Gianyar

14 Maret 2019, 19: 00: 05 WIB | editor : Hakim Dwi Saputra

13 Ekor Penyu Hijau Diamankan Polres Gianyar

PENYU : Kasatreskrim Polres Gianyar, AKP Deni Septiawan menunjukkan penyu hijau yang berhasil diamankan jajarannya di halaman Polres Gianyar, Kamis (14/3). (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, GIANYAR - Anggota Satreskrim Polres Gianyar berhasil mengamankan 13 ekor penyu hijau yang diangkut dengan sebuah mobil Toyota Avansa DK 1472 QZ di Bypass IB Mantra, Desa Ketewel, Rabu (13/3). Sayangnya, sopir yang mengangkut satwa yang dilindungi tersebut kabur saat hendak ditangkap Polisi, dan saat ini masih dalam penyelidikan. 

Kasatreskrim Polres Gianyar, AKP Deni Septiawan, Kamis (14/3)  menjelaskan, penangkapan belasan penyu itu berawal dari informasi masyarakat setempat bahwa ada sebuah mobil Avansa yang kerap mengganti plat nomor kendaraannya dan membawa penyu untuk dijual. "Kami melakukan pemblokiran jalan dan pengintaian di Bypass IB Mantra, kawasan Desa Ketewel," jelasnya. 

Saat itu pihaknya mencurigai sebuah mobil Avansa putih, kemudian dilakukan pengejaran. Namun, kendaraan yang dicurigai itu melaju kencang sehingga polisi kehilangan jejak. "Saat melakukan penelusuran di sepanjang jalan Bypass IB Mantra, kami temukan sebuah mobil Avansa putih yang ditinggal di timur pompa bensin. Kami cek di dalamnya, ternyata ada penyu hijau," paparnya. 

Saat ditemukan, katanya, mesin mobil masih dalam keadaan hidup dan kunci masih nyantol. Sementara sopirnya berhasil kabur. "Kami masih melakukan penyelidikan, siapa pemilik mobil berikut penyu yang dibawa, dan hendak kemana satwa tersebut dijual," pungkasnya.  

Diperkirakan, mobil yang pembawa penyu tersebut berangkat dari daerah Serangan Denpasar menuju Bali timur. Secara kasat mata, dalam mobil yang dicurigai tersebut hanya ada satu pengemudi. Setelah dicek, belasan ekor penyu berbagai ukuran itu ditumpuk di jok tengah dan jok belakang mobil.

Di tempat yang sama, Plh Kasi Konservasi  Wilayah II BKSDA Provinsi Bali, I Made Budi Adnyana mengatakan, belasan ekor penyu itu akan langsung dititipkan untuk dirawat di TCEC Serangan. "Nanti setelah pulih, akan kami lepas ke laut," imbuhnya.

(bx/ade/aim/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia