Selasa, 16 Jul 2019
baliexpress
icon featured
Kolom

Jangan Biarkan Hoax Menghancurkan Persatuan Banhsa Pada Pemilu 2019

Oleh: Astrid Nurmalinda*

15 Maret 2019, 16: 33: 07 WIB | editor : I Putu Suyatra

Jangan Biarkan Hoax Menghancurkan  Persatuan Banhsa Pada Pemilu 2019

Ilustrasi (ISTIMEWA)

Share this      

TIDAK dapat dipungkiri lagi bahwa media sosial dan dunia maya saat ini tengah dibanjiri dengan hoax. Seiring ditahun politik ini.

Penyebaran hoax ini tidak lepas dari semakin dekatnya gelaran Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan bulan depan.

Hoax adalah berita palsu yang sengaja disebarkan kepada masyarakat demi tujuan tertentu jangka pendek menghalalkan segala cara untuk memenangi kontestqsi politik dan jangka.panjangnya untuk merusak persatuan bangsa sebagai sebuah perang proxy seperti yang terjadi dibeberapa banyak negara hingga menjadi sebuah negara gagal.

Dalam masa kampanye, penyebaran hoax semakin masif dan cenderung tidak dapat dikendalikan. Berita-berita yang kita baca, baik di dunia maya, media sosial, maupun Whats App, tidak terlepas dari yang namanya hoax dan sangat menyesatkan. Penuh dengan fitnah dan ujaran kebencian.

Ketika diperhatikan kembali, rupanya hoax diciptakan tidak hanya oleh orang-orang biasa yang sekedar main-main untuk mencari sensasi. Namun, saat ini hoax sudah tertata sedemikian rupa secara terencana dan terarah, dengan tujuan utama, yaitu mempengaruhi masyarakat sesuai dengan hajat yang diinginkan dan  ahkan sudah menjadi bisnis seperti yang terjadi atas Saracen yang telqh diungkap oleh pihak Polri.

Hal ini tentunya sangat meresahkan karena penyebaran berita hoax ini mengancam persatuan dan keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia. Maka sudah seharusnya bagi kita untuk tidak membiarkan berita bohong mudah menyebar di tengah-tengah masyarakat.

Jika kita menerima video, foto, teks dan lain sebagainya dari sumber yang tidak jelas sumbernya dan berpotensi hoax, lebih baik hapus atau jangan disebarkan demi kebaikan kita bersama meskipun judulnya sangat memantik rasa penasaran.

Kita semua berharap bahwa pemilu 2019 yang damai dan bermartabat yang menjaga persatuan bangsa benar-benar tercipta dan hal ini bisa diwujudkan dengan melawan hoax bersama-sama demi suksesnya Pemilu 2019 yang berkualitas dan bermartabat serta suksesnya keberlanjutan pembangunan nasional menuju Imdonesia Maju yang disegani oleh bangsa bangsa lain. (*)

*) Mahasiswi Kedokteran Universitas Airlannga

(bx/wid/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia