Minggu, 21 Jul 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Ombak Besar di Kusamba, Penumpang Boat Dialihkan ke Padangbai

16 Maret 2019, 08: 13: 09 WIB | editor : I Putu Suyatra

Ombak Besar di Kusamba, Penumpang Boat Dialihkan ke Padangbai

DIALIHKAN: Suasana penumpang boat di Dermaga Rakyat Padangbai setelah mereka dialihkan dari pelabuhan tradisional Desa Kusamba, karena ombak besar pagi kemarin (15/3). (HUMAS PEMKAB KLUNGKUNG FOR BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, SEMARAPURA - Sejumlah penumpang boat di pelabuhan tradisional Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung tujuan Nusa Penida dialihkan ke Dermaga Rakyat Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Jumat (15/3) kemarin. Sebab speed boat tak bisa sandar di Kusamba. Lantaran ombak besar di pagi hari.

Pengawas Pelabuhan Tribhuana Desa Kusamba I Made Suardika mengatakan, ombak besar terjadi saat trip pertama sekitar pukul 06.30. Agar penumpung tetap terlayani, speed boat dialihkan ke Padangbai. Penumpang naik di sana. Begitu pula satu trip penumpang dari Nusa Penida juga dialihkan turun di Padangbai. Sebagai bentuk tanggung jawab, penumpang diangkut menggunakan bus Dinas Perhubungan Klungkung dan mobil yang disiapkan pemiliki jasa boat dari Kusamba ke Padangbai. Begitupula sebaliknya. “Itu adalah bagian dari pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Suardika menegaskan, gangguan penyeberangan tidak hanya di Tribhuana, namun juga beberapa pelabuhan di wilayah Kusamba. “Tapi cuma satu trip. Trip pertama. Semua dialihkan ke Padangbai. Termasuk yang nyeberang dari Nusa Penida, satu trip turunnya di Padangbai,” terangnya.

Menurut dia, tanda-tanda ombak besar di pesisir Kusamba terlihat sejak Kamis (14/3) lalu. Namun saat itu masih memungkinkan boat bongkar muat di sana. Penyeberangan juga tidak terganggu lantaran tinggi gelombang dan kecepatan angin di tengah laut masih dalam batas normal. “Cuma tadi pagi (Jumat pagi kemarin, red) mengalami gangguan karena ombak besar. Selanjutnya normal,” ungkap dia.

Namun demikian, tidak menutup kemungkinan Sabtu (16/3) hari ini ombak pantai kembali besar, hingga tidak memungkinkan speed boat sandar. “Biasanya jelang purnama ombak besar. Purnama tanggal 20 Maret,” tandasnya. 

(bx/wan/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia