Sabtu, 19 Oct 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Giri Prasta Ngrastitiang Karya Melaspas Pura Taman Bagendrasari Gerih

18 Maret 2019, 07: 50: 11 WIB | editor : I Putu Suyatra

Giri Prasta Ngrastitiang Karya Melaspas Pura Taman Bagendrasari Gerih

KARYA: Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri karya melaspas dan mendem pedagingan di Pura Taman Bagendrasari, Banjar Purwakerta, Desa Adat Gerih, Desa Abiansemal, Kecamatan Abiansemal, Jumat (15/3) lalu. (HUMAS SETDA BADUNG FOR BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, MANGUPURA - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta ikut ngrastitiang karya melaspas dan mendem pedagingan di Pura Taman Bagendrasari, Banjar Purwakerta, Desa Adat Gerih, Desa Abiansemal, Kecamatan Abiansemal, Jumat (15/3) lalu. Dia bersama krama pangempon pura melakukan persembahyangan, lanjut menyerahkan dana aci sebesar Rp 530 juta. Secara pribadi Bupati Giri Prasta juga menghaturkan dana punia sebesar Rp 20 juta. 

Karya pacaruan, melaspas dan mendem pedagingan yang dipuput Ida Pedanda Istri dari Griya Gede Kutri ini, merupakan rangkaian dari karya padudusan alit, wraspati kalpa, melaspas, mupuk pedagingan, lan ngenteg linggih di Pura Taman Bagendrasari, yang puncaknya akan dilaksanakan pada purnama kadasa, Rabu (20/3) mendatang. 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Giri Prasta menyampaikan, kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat yang melaksanakan karya untuk ikut ngrastitiang (mendoakan) agar karya tersebut dapat berjalan dengan baik, sesuai harapan krama. Selain ngrastitiang, pemerintah, kata Bupati, juga mendukung karya melalui bantuan dana aci, serta bantuan hibah untuk pembangunan fisik pura. Semua itu dalam upaya meringankan beban masyarakat. “"Kita ketahui, banyak waktu dan dana masyarakat habis di adat. Untuk itu, kami hadir meringankan beban masyarakat, baik kebutuhan pribadi maupun kebutuhan komunal masyarakat,” jelasnya.

Bupati asal Pelaga, Petang tersebut berharap, masyarakat, pangempon pura khususnya, untuk tetap menjaga persatuan pasametonan. “Dengan telah bersatu, artinya setengah dari perjuangan sameton sudah berhasil,” tambahnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia I Wayan Carma melaporkan, pelaksanaan karya ini merupakan hasil paruman sameton Bagendasari se-Bali. Karya telah dimulai sejak 2 Maret lalu. Puncak karya bakal dilaksanakan bertepatan dengan purnama kadasa, pada Rabu 20 Maret mendatang.

Lebih lanjut, dia memaparkan, pembangunan pura telah dibantu melalui dana hibah sebesar Rp 700 juta. Secara keseluruhan pembangunan pura menghabiskan biaya Rp 1,5 miliar. Kekurangan Rp 800 juta diambil dari dana krama pangempon pura. Sementara untuk karya juga dibantu Pemkab Badung sebesar Rp 530 juta. “Atas nama krama pangempon Pura Taman Bagendrasri, saya mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Bupati Badung,” tandasnya. 

(bx/adi/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia