Minggu, 22 Sep 2019
baliexpress
icon featured
Balinese

Bali Spirit Festival Kenalkan Budaya, Seni hingga Kuliner Tradisional

19 Maret 2019, 16: 36: 37 WIB | editor : I Putu Suyatra

Bali Spirit Festival Kenalkan Budaya, Seni hingga Kuliner Tradisional

AUDIENSI: Pengurus Bali Spirit Festival saat melakukan audiensi dengan Wakil Gubernur Bali beberapa waktu lalu.

Share this      

BALI EXPRESS, GIANYAR - Pelaksanaan Bali Spirit Festival pada tahun 2019 ini memasuki tahun ke-12. Festival yang mengenalkan budaya, seni, dan kuliner tradisional Bali itu akan berlangsung pada 24 sampai 31 Maret 2019. Hal itu diungkapkan oleh salah satu penggagas Bali Spirit Festival, I Made Gunartha kepada Bali Express (Jawa Pos Group) Selasa (19/3).

Pria asli Desa Padangtegal Ubud tersebut juga mengaku pada tahun ini pertama kalinya dilakukan festival yang berlangsung sepekan. Sedangkan tahun-tahun sebelumnya hanya berlangsung selama tiga sampai empat hari saja. “Ini yang ke-12 kali pelaksanaan Bali Spirit Festival, seperti tujuan awalnya tercetus dari kilas balik tragedi Bom Bali beberpa tahun lalu. Pada saat itu ada penurunan kunjungan pariwisata, maka digagaslah festival ini sebagai mendatangkan wisatawan dengam segmen yang lain yakni pada budaya dan tradisi,” tuturnya.

Dipilihnya pada bulan Maret, lantaran pada bulan tersebut kunjungan wisatawan memang sedikit menurun. Sehingga melalui Bali Spirit Festival diharapkan mendatangkan wisatawan yang secara kuantitas dan kualitas bersinambungan maupun merata. Mengingat selama festival, digelarnya seni budaya Bali, kuliner tradisional, yoga, cara hidup sehat, hingga memberikan pemahaman sadar akan lingkungan dari sampah plastik.

“Kita juga usahakan persiapannya dan yang mengisi acara adalah orang lokal semua. Khusunya warga yang ada di daerah Ubud. Untuk tempatnya kita memang lakukan di luar dari pusat kawasan pariwisata Ubud agar pengenalannya merata. Bertempat di perbatasan Desa Negara, Batuan, Sukawati dengan Banjar Lodsema Mawang, Lodtunduh, Ubud,” pungkasnya.

Gunartha menambahkan  saat melakukan audiensi dengan Wagub Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati beberapa waktu lalu, dikatakan Wagub sangat mendukung penuh festival tersebut. Terlebih sejak menggagasnya dan pelaksanaan festival setiap tahun Cok Ace sapaan akrabnya selalu mengikuti dan selalu terlibat di dalamnya.  “Untuk jadwal setiap harinya pada tanggal 24 sampai 31 Maret itu bisa dilihat pada web kami di www.balispiritfestival.com.  Selain itu, memesan tiket juga bisa melalui web tersebut,” imbuhnya.

(bx/ade/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia