Senin, 23 Sep 2019
baliexpress
icon featured
Bisnis

DPMPPTSP Tabanan Teken MoU dengan Kanwil Pajak

19 Maret 2019, 19: 52: 59 WIB | editor : Hakim Dwi Saputra

DPMPPTSP Tabanan Teken MoU dengan Kanwil Pajak

MOU : Kepala DPMPPTSP menandatangani MoU dengan Kanwil Pajak, Selasa (19/3). (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, TABANAN - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) Kabupaten Tabanan menandatangani MoU dengan Kanwil Pajak tentang Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP), Selasa (19/3). Dengan demikian, ke depan proses konfirmasi wajib pajak yang mengajukan perijinan ke DPMPPTSP akan lebih mudah karena menggunakan sistem OSS.

Kepala DPMPPTSP Kabupaten Tabanan, I Made Sumerta Yasa menjelaskan bahwa MoU dengan Kanwil Pajak bertujuan mempermudah konfirmasi wajib pajak yang mengurus ijin ke DPMPPTSP, di mana status wajib pajak akan dicek sebelum DPMPPTSP memproses permohonan ijin yang diajukan wajib pajak.

"Hal ini mengetahui apakah wajib pajak sudah taat pada kewajibannya membayar pajak atau belum saat mengurus perijinan," ungkapnya. Adapun pengecekan yang akan dilakukan meliputi NPWP aktif dan telah melaporkan surat pemberitahuan (SPT) dua tahun terakhir.

Dengan adanya MoU,  maka proses konfirmasi bisa lebih intensif karena saat ini prosesnya menggunakan sistem OSS, yakni sistem perijinan berusaha terintegrasi secara elektronik berupa aplikasi yang memberikan kemudahan berinvestasi. "Jadi biar nyambung sistemnya," imbuhnya 

Apabila ada wajib pajak, saat mengajukan permohonan perijinan, ternyata tidak taat pajak, maka pihaknya akan mengarahkan wajib pajak menuntaskan kewajibannya dulu di Kantor Pajak. Tujuannya untuk konfirmasi kepatuhan pajaknya supaya pendapatan daerah juga meningkat. "Ini sesuai arahan dari pusat," lanjut Sumerta Yasa.

Dengan MoU, diharapkan seluruh wajib pajak  taat pada kewajibannya dalam membayar pajak karena akan berpengaruh pada proses pengurus ijin. Apabila wajib pajak sudah taat,  permohonan perijinan akan diproses.

(bx/sar/aim/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia