Minggu, 21 Apr 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Sasar Tembuku, Tim Gabungan Tertibkan Belasan APK Langgar Aturan

20 Maret 2019, 07: 11: 43 WIB | editor : I Putu Suyatra

Sasar Tembuku, Tim Gabungan Tertibkan Belasan APK Langgar Aturan

BERANGUS LAGI: Tim gabungan Bawaslu Bangli menemukan 15 APK yang dipasang melanggar aturan saat penertiban Selasa (19/3) kemarin. (AGUS EKA PURNA NEGARA/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, BANGLI - Belasan Alat Peraga Kampanye (APK) di Kecamatan Tembuku, Bangli diberangus tim gabungan Bawaslu, KPU, kepolisian, Satpol PP dan Panwascam, pada Selasa (19/3) kemarin. Hasilnya ada 15 APK berbentuk spanduk dan baliho milik sejumlah partai politik (parpol) dan calon legislatif (caleg) yang ditertibkan, karena pemasangannya melanggar aturan.

“Kebanyakan bentuk pelanggaran yang kita temui, karena pemasangan APK yang dilakukan para caleg atau parpol tersebut di luar zona yang ditetapkan. Ada juga yang dipasang di tiang listrik dan pohon perindang, sehingga kami tertibkan,” jelas anggota Bawaslu Bangli I Nengah Muliarta saat ditemui ketika proses penertiban dilakukan.

Berdasarkan pantauan kemarin, penertiban dimulai ketika tim bergerak dari Kota Bangli, dan langsung menemukan pelanggaran saat masuk wilayah Desa Jehem. Di sana terdapat baliho yang ditempel di tebing. Selanjutnya, tim menemukan pelanggaran pemasangan baliho salah satu caleg DPRD Propinsi Bali dari dapil Bangli yang dipasang di tiang listrik perempatan Jehem. Terhadap kedua baliho tersebut, petugas langsung melakukan penertiban.

Kemudian tim gabungan bergerak dari Banjar Sama Undisan, Desa Jehem, dan kembali menemukan baliho milik caleg DPR RI yang dipasang di pohon perindang. Selanjutnya tim bergerak menuju arah Desa Bangbang, dan kembali menemukan sejumlah pelanggaran pemasangan APK. 

“Penertiban yang kami lakukan tentunya menyasar APK yang melanggar Undang-Undang, dan yang direkomendasikan Panwascam setempat. Kami bergerak dari Kota Bangli, menuju Desa Jehem, Tembuku, Yangapi, Undisan, dan Bangbang,” ungkap Muliarta.

Sebelumnya, kata dia, penertiban juga telah dilakukan di Kecamatan Bangli dan Kintamani. Sehingga total APK yang berhasil diturunkan dalam beberapa pekan terakhir mencapai puluhan APK, baik dalam bentuk spanduk, baliho, maupun banner. “Untuk di Kabupaten Bangli dari beberapa kali penertiban, karena APK-nya memang sedikit, hitungannya masih puluhan yang berhasil kami tertibkan,” kata dia. 

Meski demikian, penertiban masih akan terus dilakukan. Untuk itu, dipastikan sehari sebelum masa kampanye usai atau 14 April 2019, segala atribut kampanye di Bangli harus sudah bersih. “Kita akan terus menindaklanjuti, dan melakukan penertiban terhadap segala bentuk pelanggaran yang terjadi dalam pemasangan APK ini secara bertahap,” tegasnya.

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia