Senin, 09 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Kawasan Pura Balingkang Layak Jadi Kebun Raya

20 Maret 2019, 08: 19: 01 WIB | editor : I Putu Suyatra

Kawasan Pura Balingkang Layak Jadi Kebun Raya

Bupati Bangli, I Made Gianyar (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, BANGLI -  Hasil studi kelayakan Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), 4-6 Desember 2018, lahan 15,9 hektar pada kawasan Pura Dalem Balingkang, di Desa Pinggan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli dinyatakan layak untuk dijadikan kebun raya.  Kepastian ini didapat, ketika Bupati Bangli, I Made Gianyar menghadiri undangan LIPI, dalam rangka penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI dengan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Bangli tentang Pembangunan, Pengelolaan dan Pengembangan Kebun Raya Bangli dan penandatanganan Memorandum of  Understanding (MoU) antara Bupati Bangli dengan Kepala LIPI tentang Penelitian Pengembangan Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, di Jakarta, belum lama ini.

Sebelum perjanjian kerja sama ditandatangani, Bupati Bangli I Made Gianyar yang didampingi tim Bappeda Litbang Bangli, sempat berdiskusi dengan Kepala LIPI Laksana Tri Handoko dan sejumlah pejabat LIPI lainnya, tentang rencana penyususan topografi dan pembuatan Master Plan Kebun Raya Bangli, sebagai salah satu yang diisyaratkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 93 Tahun 2011 tentang Kebun Raya.

Dari diskusi tersebut, pelaksanaan pekerjaan Master Plan Kebun Raya Bangli akan dikerjakan oleh LIPI dengan Metode Swakelola Tipe II. Master Plan ini, direncanakan mulai dikerjakan pada minggu kedua April 2019 mendatang. 

Bupati Bangli I Made Gianyar, Selasa (19/3) mengatakan, masyarakat Bangli diharapkan peduli terhadap lingkungan. Sehingga dengan kesadaran sendiri, masyarakat bisa ikut menjaga dan melestarikan lingkungan, khususnya tanaman yang tumbuh di area erupsi material vulkanik yang menjadi ciri khas Kebun Raya Bangli.

Bupati asal Desa Bunutin, Kintamani itu optimis, dalam kurun waktu dua tahun, Kebun Raya Balingkang Bangli bisa diresmikan. “Melalui pendampingan LIPI, besar harapan saya, Kebun Raya Bangli bisa jadi ikon pariwisata baru di Bangli,” pungkasnya.

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia