Rabu, 24 Apr 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Dinas Kesehatan Tabanan Siap Jalankan JKN-KBS

20 Maret 2019, 21: 44: 12 WIB | editor : Hakim Dwi Saputra

Dinas Kesehatan Tabanan Siap Jalankan JKN-KBS

Kepala Dinas Kesehatan Tabanan dr. I Nyoman Suratmika. (DEWA RASTANA/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, TABANAN - Untuk menjamin layanan kesehatan masyarakat Bali, Pemerintah Provinsi Bali mengeluarkan program JKN KBS (Jaminan Kesehatan Nasional Krama Bali Sejahtera). Menindaklanjuti program tersebut, Dinas Kesehatan KabupatenTabanan melakukan persiapan, mulai dari SDM hingga berkoordinasi mengenai petunjuk teknis (Juknis) ke Dinas Kesehatan Provinsi Bali. 

Kepala Dinas Kesehatan Tabanan, dr. I Nyoman Suratmika menyampaikan,  persiapan tersebut di antaranya menyangkut pelaksanaan rujukan terintegtasi. "Saat ini sarana dan prasarana di setiap Puskesmas sudah lengkap. Modem dan laptop sudah ada,  termasuk para petugas juga sudah dilatih," ujarnya saat ditemui, Rabu (20/3). 

Di samping itu, pihaknya juga akan melakukan pertemuan bersama dengan seluruh operator di rumah sakit swasta menyangkut tambahan fasilitas kesehatan yang ada di program JKN KBS. "Yang jelas, Tabanan sudah siap menjalankan program itu," tegasnya.

Namun menyangkut sistem pembiayaan tambahan yang diserahkan ke daerah, belum diketahui secara detail. Oleh karena itu, pihaknya masih berkoordinasi soal Juknis ke Dinas Kesehatan Provinsi Bali. " Juknis terkait sistem masih kami koordinasikan dulu, karena harus detail," lanjutnya.

Lebih lanjut, kata Suratmika, JKN KBS merupakan sistem terintegrasi, sehingga ada beberapa tambahan manfaat yang didapatkan sesuai dengan program yang diluncurkan Gubernur Bali Wayan Koster.  Salah satunya adalah layanan kesehatan tradisional dan komplementer di fasilitas kesehatan (faskes) seperti rumah sakit dan puskesmas. Kemudian, bagi pasien gawat darurat, memperoleh fasilitas transportasi gratis dari tempat tinggal pasien menuju faskes. "Ada beberapa tambahan manfaat lagi yang tertuang dalam Peraturan Gubernur Bali yang harus dipahami," tandasnya.

(bx/ras/aim/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia