Minggu, 08 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Kolom

Penampilan Ma’ruf Amin di Luar Dugaan dan Lebih Percaya Diri

Oleh: Mufridan Zulfikar *

21 Maret 2019, 21: 06: 19 WIB | editor : I Putu Suyatra

Penampilan Ma’ruf Amin di Luar Dugaan dan Lebih Percaya Diri

KH Ma'ruf Amin (ISTIMEWA)

Share this      

PENAMPILAN Cawapres nomor urut 01 Ma’ruf Amin dinilai di luar dugaan dan mengejutkan publik. Pada perhelatan Debat Cawapres melawan Sandiaga Uno, KH Ma’ruf Amin dapat dengan lancar menyampaikan program yang realistis.

            Menurut Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Hasto Kristiyanto, Ma’ruf Amin sangat disiplin. Hanya dalam waktu 4 menit dirinya dapat menyampaikan visi misi penuh dengan gagasan membumi, sekaligus menjawab persoalan rakyat melalui Kartu Sembako Murah, KIP Kuliah dan Kartu Prakerja.

            Dirinya juga menambahkan bahwa pidato Ma’ruf Amin dalam Debat Cawapres telah mengubah pandangan banyak orang yang sebelumnya sempat meragukan kemampuannya.

            Hasto juga menilai, bahwa paparan KH Ma’ruf Amin dalam Debat Cawapres, terbukti menyatu dengan program – program yang telah dijalankan dibawah kepemimpinan Jokowi – Jusuf Kalla saat ini.

            “Konsistensi KH Ma’ruf Amin yang menjabarkan program Jokowi, telah memberikan sentuhan Islami yang sangat pas ditampilkan. Semua pemimpin memiliki tugas untuk menciptakan kemaslahatan bangsa dan melindungi umat, sementara lawannya Sandiaga Uno lebih artificial yang dibungkus oleh pakaian mahal.” Imbuh Hasto.

            Selama debat berlangsung, kemampuan Kiai Ma’ruf telah menunjukkan jam terbangnya sebagai ulama. Kiai Ma’ruf terlihat lancar ketika memaparkan persoalan dan menguraikan solusinya menjadi bukti akan luasnya wawasan sosok ketum nonaktif di Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut.

            “Dalam tampilan peci dan sarung, ternyata mampu mendominasi tampilan jas yang paling keren sekalipun. Jam terbang seorang pemimpin yang terus berdialektika dengan umat, dan kebersihan hati – pikiran ternyata menjadi faktor kunci keunggulan Kiai Ma’ruf dibandingkan Sandiaga,” ungkap Hasto.

            Selain itu apresiasi juga datang dari Peneliti Bidang Perkembangan Masyarakat LIPI Ibnu Nadzir Daraini yang menilai bahwa gagasan yang diusung Ma’ruf Amin terkait membangun kebudayaan bangsa dengan tidak meninggalkan kearifan lokal kebudayaan lokal sangat menarik.

            “Saya tidak mengira Ma’ruf punya bayangan untuk mengangkat kebudayaan lokal ke tingkat nasional sebagai kepribadian bangsa,” tutur Ibnu.

            Ma’ruf amin juga menyampaikan strateginya untuk memajukan kebudayaan yang lahir dari Kongres kebudayaan Desember 2018. Strategi tersebut akan dioptimalkan agar kebudayaan Indonesia tidak mengalami diskontinuitas.

            Pasangan Jokowi – Ma’ruf mengusulkan adanya konservasi budaya, pelestarian budaya dan globalisasi budaya ke dunia luar agar lebih terkenal. Selain itu mereka juga menawarkan adanya dana abadi untuk bidang kebudayaan.

            Menurut Mochtar Sigit selaku anggota Gerakan Diam – Diam dukung orang baik, betapa beruntungnya Negara Indonesia memiliki sosok Cawapres sekaliber Ma’ruf Amin. Bagai menemukan harta karun yang tersembunyi dan selama ini hampir tidak ada yang kelihatan.

            “Pak Jokowi jeli dalam memilih wakilnya. Tidak saja tepat karena wakil yang dibutuhkan adalah seorang yang mengerti dan memahami Islam, tapi ternyata juga seorang yang cerdas dan bijak,” tuturnya.

            Dirinya juga berpendapat bahwa Ma’ruf Amin merupakan sosok yang mampu menjawab keraguan publik, Kiai yang tampil mengenakan sarung khas ulama Indonesia tersebut dinilai memiliki pemahaman yang luas terhadap berbagai persoalan bangsa.

            Selain itu, Ma’ruf Amin juga mampu menampilkan jati diri Indonesia, dengan Islam yang dihayati sebagai nilai, sebagai kekuatan pembawa kebaikan bagi semua orang dan seluruh isi alam raya. Islam dalam diri suami dari Wuri Estu Handayani itu mampu berkolaborasi sempurna dengan kemajuan dan modernitas dalam balutan tradisi Nusantara.

            “Menuju Indonesia Maju memang dibutuhkan seorang pemimpin yang mumpuni. Banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan agar rakyat Indonesia bisa mencapai cita – cita yang diharapkan. Jelas sekali dan semakin meyakinkan masyarakat Indonesia, bahwa pasangan Jokowi – Ma’ruf merupakan pasangan yang paling tepat untuk memimpin Indonesia ke depan,” tuturnya lagi.

            Penampilan Ma’ruf Amin juga mendapatkan sorotan dari pengamat politik Rocky Gerung, menurutnya masyarakat tidak menduga penampilan Ma’ruf dalam debat melawan Sandiaga Uno. Hal ini dikarenakan Ma’ruf dinilai lebih tenang dibanding penampilan  pertamannya dalam debat Capres – Cawapres pada 17 Januari 2019 lalu.

            “Kiai Ma’ruf lebih percaya diri daripada Sandiaga,” tutur Rocky

            Keterkejutan ini tentu memberikan pembelajaran bagi seluruh masyarakat Indonesia, bahwa sosok Cawapres yang menjadi pasangan Jokowi merupakan sosok yang tak bisa disepelekan dan dipandang sebelah mata, kolaborasi antara Jokowi dan Ma’ruf Amin merupakan pasangan yang paling sesuai untuk mewujudkan Indonesia Maju. (*)

*) Mahiswa FISIP Universitas Pancasila

(bx/wid/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia