Minggu, 21 Apr 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Siswa Difabel Gianyar Pungut Sampah di Sungai

22 Maret 2019, 19: 38: 51 WIB | editor : Hakim Dwi Saputra

Siswa Difabel Gianyar Pungut Sampah di Sungai

BERSIH SUNGAI : Siswa difabel tengah memungut sampah di sungai lingkungan Abianbase, Gianyar, Jumat (22/3). (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, GIANYAR -  Sejumlah siswa dari kalangan anak berkebutuhan khusus (ABK) memungut sampah di Sungai Abian Base, Gianyar, Jumat (22/3), serangkaian aksi bersih-bersih. Hal itu bertujuan menggugah kesadaran masyarakat normal untuk menciptakan kebersihan lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar, I Wayan Kujus Pawitra mengaku, kegiatan ini hanya bermodalkan alat pungut sampah sederhana. "Kegiatan bersih-bersih di saluran air ini sudah dilakukan sejak lama. Tapi kali ini dilakukan dengan menggandeng masyarakat dan komunitas anak-anak disabilitas yang berjumlah sekitar 20 orang," ungkapnya kepada Bali Express (Jawa Pos Group).

Kujus mengatakan, tidak hanya di saluran sungai, kegiatan bersih lingkungan ini juga rutin digelar di sejumlah pantai. Tujuannya untuk menciptakan kebersihan lingkungan sekaligus menjaga kesehatan warga Gianyar. 

"Kami secara rutin bergotong royong membersihkan pantai, sungai dan lingkungan pemukiman, dengan harapan masyarakat semakin sadar akan arti penting menjaga kebersihan lingkungan. Tanpa keterlibatan masyarakat, sulit bagi kami untuk mewujudkan Gianyar yang bersih," pungkas dia. 

Kajus menilai, keterlibatan anak-anak berkebutuhan khusus dalam aksi ini adalah untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa kaum difabel juga berkontribusi menjaga kebersihan lingkungan. 

"Kami tunjukkan kepada masyarakat bahwa di tengah keterbatasan, mereka punya prestasi dan peduli terhadap lingkungan. Kami harapkan menjadi contoh bagi masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan,"  imbuh pria asli Lebih, Gianyar tersebut.

(bx/ade/aim/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia