Rabu, 18 Sep 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Polres Badung Bekuk Pelaku Skimming Rumania, Terkoneksi ke Tiongkok

22 Maret 2019, 20: 38: 10 WIB | editor : Hakim Dwi Saputra

Polres Badung Bekuk Pelaku Skimming Rumania, Terkoneksi ke Tiongkok

BEKUK – Buruh bangunan asal Rumania dibekuk jajaran Polres Badung karena mencuri data nasabah yang terkoneksi online dengan pelaku illegal acces di Tiongkok. (AYU AFRIA ULIFA/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, BADUNG – Kejahatan trans-nasional rupanya tumbuh subur di Bali. Kali ini giliran Polres Badung membekuk seorang pelaku Illegal Acces asal Rumania yang kesehariannya sebagai buruh bangunan. Tersangka, Alexandru Boarta, 32, melakukan aksi di  ATM Bank BRI teras Belayu SPBU Wiros, Banjar Denkayu Baleran, Desa Werdi Buana, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Minggu (10/3) sekitar pukul 14.00.

Dari hasil interogasi petugas kepolisian terungkap, modus illegal acces Alexandru Boarta sedikit mengalami kemajuan dibandingkan modus yang biasanya digunakan para pelaku asal Bulgaria maupun Rumania lainnya. Lantaran hidden kamera yang dipasang di mesin ATM langsung online terhubung dengan pelaku yang berada di Tiongkok. Diakui pelaku bahwa ketika korbannya menekan tombol angka untuk memasukkan password, maka kamera langsung merekan secara online dan terkirim ke tangan pelaku lainnya di Tiongkok.

Kapolres Badung AKBP Yudith Satriya Hananta, Jumat (22/3) menyampaikan bahwa pelaku  melakukan tindak pidana skimming sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 30 Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE KUHP. Modusnya,  pelaku mencongkel alat masuk kartu ATM, lalu menempelkan scanner dan kamera perekam ke alat masuk kartu ATM. Kasus ini kemudian dilaporkan dengan bukti Laporan Polisi Nomor : LP-B/75/III/2019/BALI/RES. BDG, tertanggal 10 Maret 2019. 

Disebutkannya, I Komang Gde Wira Citra Sasmita selaku pelapor, Minggu (10/3) pukul 14.00, melakukan pengecekan di ATM Bank BRI di TKP bersama rekannya bernama Saka. Pada saat melakukan pengecekan, keduanya menemukan benda mencurigakan di alat masuk kartu ATM tersebut

“Diduga alat skimming yang menempel di mesin ATM. Dan menurut pelapor, alat tersebut untuk menggandakan kartu dari nasabah yang menarik uang di ATM,” ucap Yudith di Mapolres Badung.

Berdasarkan laporan tersebut, Tim Opsnal Polres Badung melakukan penyelidikan di TKP dengan cara mengintai di sekitar TKP untuk mengetahui pelaku yang memasang alat tersebut. Pada Senin (11/3) pukul 19.15, Tim Opsnal Polres Badung mengamankan pelaku yang memasang alat skimming tersebut. “Saat itu pelaku kami amankan karena kedapatan hendak mengambil alat yang dipasangnya,” jelasnya.

Beberapa barang bukti yang diamankan, di antaranya sebuah tang kecil, sebuah obeng kecil, sebuah alat skimming yang menempel di alat masuk kartu ATM, 3 buah alat masuk kartu ATM, sebuah lem perekat liquid merek Loctite, selembar bukti pengiriman uang melalui Western Union dan sepeda motor merek Yamaha NMax.

“Yang bersangkutan mengakui perbuatannya telah memasang alat yang sudah dirakit di alat masuk kartu ATM. Alat tersebut ditempel di mesin ATM dengan maksud merekam data apabila ada nasabah yang menarik uang di ATM. Selanjutnya, data-data yang terekam akan digandakan kemudian dikirim ke temannya yang ada di Tiongkok,” jelasnya.

Dalam penangkapan ini memang tidak ada barang bukti uang, lantaran ditegaskan Yudith, data langsung terkirim ke pelaku yang berada di Tiongkok. Selanjutnya, pihak hacker di Tiongkok yang akan membobol data nasabah tersebut. Dari hasil penyelidikannya, pelaku baru kali ini melakukan di TKP selama setahun tinggal di Bali. Pada intinya tugas pelaku hanya mengumpulkan data. 

Dari keterangan pelaku, hidden kamera yang dipasang mengarah ke tekan PIN,  langsung dilengkapi Wifi sehingga pelaku melihat secara live dari Tiongkok. Pihak kepolisian masih mengembangkan ke mana data nasabah akan diberikan untuk membobol rekening nasabah. “Pelaku dijerat dengan Pasal 30 Ayat (1) juncto Pasal 46 (1) Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE dan atau Pasal 53 KUHP dan atau 406 KUHP,” tandasnya.

(bx/afi/aim/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia