Senin, 16 Sep 2019
baliexpress
icon featured
Balinese

Hari Libur, Pamedek Padati Pura Agung Besakih

24 Maret 2019, 18: 59: 41 WIB | editor : I Putu Suyatra

Hari Libur, Pamedek Padati Pura Agung Besakih

PADAT: Suasana pemedek di depan Pura Pedharman Pasek, Pura Agung Besakih, Minggu (24/3). (I PUTU SUYATRA/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, AMLAPURA - Serangkaian Karya Agung Panca Wali Krama dan Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih, pamedek hampir setiap hari memadati pura yang berada di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem itu. Terlebih saat hari libur Minggu (24/3).

Pamedek sudah padat sejak pagi hari. Salah seorang pamedek asal Klungkung Komang Agus Putra Sanjaya mengungkapkan, saat dirinya tiba di Besakih sekitar pukul 09.30, jalur menuju Besakih sudah macet dari depan Pura Dalem Puri. Pamedek sudah numplek di Pura Penataran Agung. Pun demikian di sejumlah Pedarman.

“Dari Dalem Puri sudah banyak sekali pamedek jalan kaki. Katanya ada pamedek yang pukul 05.00 sudah di pura,” ujar Agus.

Sekretaris Karya I Gusti Mangku Ngurah Putu Astika mengatakan, sejak puncak Karya Ida Bhatara Turun Kabeh bertepatan dengan Purnama Kedasa Rabu (20/3) lalu, pamedek tak pernah sepi. Terlebih saat hari libur seperti Sabtu dan Minggu.

“Hari-hari biasa saja ramai. Dari pagi sampai malam, sampai pagi lagi. Kalau hari libur tambah padat lagi,” ungkap Gusti Mangku.

Meski padat pamedek, pihaknya menegaskan persembahyangan tetap berjalan khusyuk. Demikian pula dengan arus lalu lintas, padat namun lancar. Namun demikian, pihaknya mengimbau pamedek bisa mengatur waktu nangkil agar tidak terjebak macet di jalan maupun berdesak-desakan saat di pura. Mengingat karya masih berlangsung hingga tiga pekan mendatang. “Syukurlah sekarang masih aman terkendali,” terangnya.

Ia pun mengimbau agar pamedek tetap memperhatikan kebersihan pura dengan membuang sampah pada tempatnya. “Sampai saat ini kami melihat pamedek sudah menjaga kebersihan. Kami harap itu terjadi hingga karya masineb. Kami sudah siapkan banyak tempat sampah,” tandasnya. Seperti diketahui, puncak Karya Tawur Agung Panca Wali Krama dilaksanakan 6 Maret 2019. Sedangkan puncak Karya Ida Bhatara Turun Kabeh berlangsung Rabu 20 Maret 2019, dan nyejer hingga 12 April 2019.

Pada kesempatan kemarin, giliran Pemkab Klungkung ngaturang bhakti penganyar dipimpin Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta. Bhakti penganyar dipuput Ida Pedanda Gede Putra Tembau dari Gria Gede Aan, Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung.

(bx/wan/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia