Senin, 09 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Koster Minta Kader Banteng Tabanan Kompak

24 Maret 2019, 21: 14: 22 WIB | editor : Hakim Dwi Saputra

Koster Minta Kader Banteng Tabanan Kompak

KONSOLIDASI : Suasana Konsolidasi di Kantor DPC PDIP Tabanan, Minggu (24/3). (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, TABANAN - Ketua DPD PDIP Provinsi Bali, I Wayan Koster meminta agar seluruh kader PDIP kompak dan bekerja keras turun ke masyarakat. Terlebih Pemilu 2019 sudah di depan mata. Hal tersebut disampaikan Koster dalam konsolidasi internal yang dilakukan di Kantor DPC PDIP Tabanan, Jalan Yeh Gangga, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan, Minggu (24/3). 

Di samping itu, Koster yang ditemani Nyonya Ayu Putri Koster menekankan, seluruh kader PDIP juga menargetkan 4 kursi di DPRD Provinsi Bali untuk serta Dapil Tabanan.

Dari pantauan di lapangan, Koster tiba di Kantor DPC PDIP Tabanan sekitar pukul 10.00 Wita. Konsolidasi diikuti oleh kader, anak ranting, serta kader kecamatan PDIP. Digelar di ruang rapat bawah, konsolidasi berlangsung tertutup lantaran awak media tak diijinkan masuk. 

Usai melakukan konsolidasi, Koster mengatakan bahwa dirinya meminta jajaran PDIP Tabanan kompak sehingga dapat menaikan jumlah kursi baik di Pileg kabupaten maupun provinsi. "Konsolidasi kali ini menekankan agar suara partai bisa naik, dan kursi juga bisa naik," tegasnya. 

Menurutnya, perolehan kursi Pileg di Kabupaten Tabanan ditarget 27 kursi dari perolehan sebelumnya 22 kursi. Sedangkan untuk ke provinsi dari Dapil Tabanan, ditarget 4 kursi dari yang sebelumnya 3 kursi. 

Yang paling penting, menurut Koster, adalah strategi untuk memenangkan Pemilu yang sudah semakin dekat, yakni kompak dan kerja keras turun ke bawah. "Strateginya, kader harus kompak dan lebih giat turun ke bawah," lanjutnya.

Disinggung soal kader PDIP yang diberikan rekomendasi untuk melaju menjadi Calon Bupati Tabanan tahun 2020, Koster enggan berkomentar. Ia mengatakan, hal tersebut masih lama, dan untuk saat ini meminta fokus pada Pileg. "Wah masih lama itu, meskipun Karangasem sudah. Sekarang fokus ke Pileg saja dulu," elaknya.

Hal tersebut juga diamini Ketua DPC PDIP Tabanan, I Komang Gede Sanjaya. Menurutnya, pembahasan tersebut masih jauh dan itu kewenangan pimpinan. "Masih jauh itu," ujarnya.

Lebih lanjut, kata Sanjaya, sesuai arahan Ketua DPD, saat ini pihaknya akan fokus ke Pileg 2019. Dalam konsolidasi internal, ketua DPD menginstruksikan target kenaikan kursi di DPRD Tabanan. Dari 22 pencapaian, ditarget 27 kursi. "Itu saja penekanan konsolidasi tadi ke kader seluruhnya, astungkara kursi bisa dinaikkan," lanjutnya.

Di samping itu, kader diminta untuk menjaga kekompakan, selalu dekat dengan masyarakat, dan seluruh kader PDIP diminta bisa menyampaikan apa yang menjadi kebijakan ketua DPD sekaligus bisa menyampaikan ke bawah program dari gubernur. "Hanya fokus itu saja semoga tercapai," tandas Sanjaya.

Usai menghadiri konsolidasi, Koster juga menghadiri Dharma Shanti Penyepian di Gedung I Ketut Maria Tabanan. Dharma Penyepian juga dihadiri Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dan pimpinan OPD seluruh Pemkab Tabanan. Bahkan saat itu Koster juga menggelar simakrama penyampaian program yang akan dijalankan selama menjadi Gubernur Bali. 

Sementara itu, salah seorang sumber yang enggan disebut namanya mengatakan, dalam konsolidasi internal tersebut Koster sudah mengisyaratkan bahwa rekomendasi Calon Bupati Tabanan tahun 2020 jatuh pada Sanjaya. Sebelumnya beberapa orang kader PDIP disebut-sebut masuk dalam bursa calon Bupati Tabanan. Selain I Komang Gede Sanjaya yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Tabanan, juga muncul nama I Made Urip yang kini sebagai anggota DPR RI dan I Ketut Purnaya yang kini sebagai anggota DPRD Provinsi Bali.

(bx/ras/aim/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia