Minggu, 22 Sep 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Modernisasi Angkutan, Koster Bakal Kembangkan Aplikasi Berbasis Online

25 Maret 2019, 13: 32: 57 WIB | editor : I Putu Suyatra

Modernisasi Angkutan, Koster Bakal Kembangkan Aplikasi Berbasis Online

Gubernur Bali, Wayan Koster (DOK. BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, DENPASAR - Gubernur Bali Wayan Koster telah menyebutkan akan membuat aturan khusus, mengenai angkutan pariwisata di Bali. Aturan itu juga akan memuat standarisasi, dengan harapan angkutan pariwisata di Bali punya ciri khas. Serta memiliki pelayanan yang baik bagi wisatawan.

Meski begitu, kemunculan aturan yang disebutkan saat Koster menerima audiensi Organda Bali itu, belum ada kepastian, kapan akan diterbitkan. Namun, Koster menegaskan ulang soal aturan tersebut, saat menghadiri Jalan Sehat Bersama United Bali Driver, Minggu (24/3).

“Harus ada standarisasi. Sehingga punya ciri khas, sekaligus standar pelayanan prima bagi wisatawan,” tukasnya.

Dalam aturan itu, sambung dia, akan memuat juga standar angkutan pariwisata. Baik dari segi interiornya maupun eksteriornya. “Kostumnya (sopir), hingga wawasannya mengenai budaya Bali. Jadi tamu (wisatawan) yang menggunakan jasanya, akan mendapatkan pelayanan lebih,” sebutnya.

Selain itu, Koster mengaku dalam waktu dekat ini akan mengembangkan aplikasi berbasis online. Guna memudahkan interaksi dan transaksi, antara konsumen dengan pengemudi angkutan pariwisata lokal. “Pokoknya akan kami modernisasi sesuai perkembangan. Sehingga bisa bersaing,” ujar Koster menegaskan.

Rencana Koster membuat aturan mengenai angkutan pariwisata di Bali itu, muncul pada awal Maret 2019 lalu. Saat dirinya menerima audiensi DPD Organisasi Angkutan Darat (Organda) Bali.

Saat itu, terungkap juga keluhan dari Organda, terkait kendaraan luar Bali yang beroperasi sebagai kendaraan pariwisata. Bahkan, beroperasi tetap di Bali. Menjawab keluhan itu, Koster mengatakan, pihaknya akan melakukan penertiban agar tidak menggerus keberadaan angkutan lokal.

(bx/hai/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia