Senin, 23 Sep 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Bencana di Enam Kecamatan, BPBD Buleleng masih Hitung Kerugian

25 Maret 2019, 21: 53: 12 WIB | editor : I Putu Suyatra

Bencana di Enam Kecamatan, BPBD Buleleng masih Hitung Kerugian

RUSAK: Hektaran sawah di Kalisada yang berada di bantaran Tukad Banyuraras rusak diterjang banjir bandang. (I PUTU MARDIKA BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, SINGARAJA - Badan penanggulangan Bencana (BPBD) Buleleng tengah menghitung jumlah kerugian yang ditimbulkan pasca bencana alam banjir dan tanah longsor pada Sabtu (23/3) malam. Bencana yang menerjang enam kecamatan di Buleleng diperkirakan menimbulkan kerugian material mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala Pelaksana BPBD Buleleng, Ida Bagus Suadnyana mengatakan enam kecamatan yang terdampak diantaranya Kecamatan Sukasada, Kecamatan Buleleng, Kecamatan Banjar, Kecamatan Seririt, Kecamatan Busungbiu dan Kecamatan Gerokgak.

Dampak yang ditimbulkan akibat pegerakan Topan Australia bagi Buleleng seperti pohon tumbang, longsor hingga banjir bandang. Ratusan rumah, sanggah, fasilitas umum seperti sekolah, jalanan, sawah dan ternak milik warga turut menjadi korban.

“Total kerugian yang ditimbulkan masih kami hitung. Karena belum semua data masuk. Sehingga setiap ada penambahan kami masukkan lagi ke daftar kerugian. Yang pasti ratusan juta, angka pastinya sih belum,” ujar Suadnyana, Senin (25/3) pagi.

Lanjut Suadnyana, kecamatan terparah dialami oleh Kecamatan Buleleng, Banjar, Seririt, Busungbiu dan Gerokgak. “Seperti di Kalisada, Pangkung Paruk yang hanyut itu 500 ekor itik, 5 ekor sapi, satu unit sepeda motor, sawah dan 146 unit rumah terendam. Tetapi sekarang kondisinya sudah normal,” imbuh Suadnyana.

Terkait rumah yang rusak, pihaknya pun sudah melakukan pendataan. Kedepan rumah rusak akibat bencana itu akan dialokasikan untuk diberikan bantuan perbaikan oleh Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan (Perkimta) Buleleng.

“Kami sudah data dan akan diusulkan untuk dibantu perbaikan. Sedangkan rumah yang rusak akibat tertimbun material longsoran senderan jalan Provinsi di Desa Subuk, Kecamatan Busungbiu akan dibantu oleh Dinas PUPR Provinsi Bali,” tutup Suadnyana.

(bx/dik/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia