Minggu, 26 May 2019
baliexpress
icon featured
Enjoy Bali

Ketan Susu Coeg, Jajanan Tradisional Bertopping Elitee

28 Maret 2019, 07: 01: 04 WIB | editor : I Putu Suyatra

Ketan Susu Coeg, Jajanan Tradisional Bertopping Elitee

ANGKAT DERAJAT: Jajanan tradisional ketan susu mampu dibuat lebih elite. Ketan Susu Coeg mampu mengangkat derajat jajanan khas Solo ini. (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, DENPASAR - Ketan Susu atau yang lebih dikenal dengan nama Tansu merupakan salah satu jenis jajanan tradisional khas Solo. Namun Ketan Susu ini tidak saja populer di Solo, namun juga di Bali, bahkan di Denpasar jajanan ini tampil dengan beragam topping elitee.

Ketan Susu Coeg, salah satu kedai camilan di jalan Tukad Pakerisan Denpasar, menjadi salah satu kedai dengan sajian ketan susu sebagai menu utamanya. Di kedai milik Gede Sattwika Yudharma Sutha, ketan susu hadir dengan tampilan yang lebih elitee.

Tampilan elite ini, terlihat dari beragam jenis topping mulai dari koko crunch, milo, green tea hingga kit kat. "Beragam jenis topping sengaja kami sediakan, supaya tampilan ketan susu ini lebih modern dan disukai anak muda," jelasnya.

Ketan susu yang di kedai ini, pada umumnya, yakni penganan yang terbuat dari beras ketan yang dikukus setelah direndam dengan larutan santan, sehingga rasa ketan susu ini gurih, resep aslinya, ketan susu ini disajikan dengan larutan kinca, yakni saus gula merah yang dicampur kelapa parut.

Salah satu menu favorit di Kedai Ketan Susu Coeg ini adalah, ketan vla cokelat susu, ketan susu ini disajikan dengan Susu Milo Coklat dengan satu scool ice cream coklat. "Citarasa dari Tansu ini adalah manis dn gurih, manis karena ada ice cream dan rasa gurih didapat dari ketan susu original yang disiram dengan vla," papar Wika.

Selanjutnya ada juga Tansu Premium, sesuai dengan namanya. ketan susu ini disajikan dengan beragam topping premium. Mulai oreo, cocho crunch, kit kat, toblerone, macha, green tea hingga nuttela dan dilengkapi dengan vla soya.

Ketan premium ini akan semakin istimewa apabila ditambah dengan taburan keju di atasnya, kemudian ditambah dengan satu scoop es krim yang akan meleleh sehingga menyelimuti keseluruhan ketan.

Menu lainnya adalah Tikar atau roti bakar, yang juga tidak kalah enak dengan menu lain di Ketan Susu Coeg. "Kami memiliki puluhan menu tikar dengan berbagai topping menjadikan menu ini menjadi salah satu menu ngemil yang rekomended," lanjutnya.

Beberapa varian Tikar yang populer antara lain, Tikar vla keju susu, perpaduan rasa crunchy dari roti bakar yang membalut keju dan susu bisa menjadi alasan kenapa Tikar ini menjadi favorit palanggannya. 

Untuk roti bakarnya sendiri, terdiri dari dua pilihan, yakni roti putih atau roti gandum. Adanya dua pilihan ini, dikatakan Wika karena pihaknya memahami, tidak semua pelanggannya menyukai roti putih, sehingga disediakan pilihan roti gandum.

Menu lainnya adalah pisng goreng, yang disajikan dengan beragam jenis topping. Namun pada sajian pisang goreng ini, tidak disajikn dengan siraman susu kedelai seperti pada menu ketan susu. "Varian topping yang kami sediakan cukup beragam, seperti coklat keju, keju susu, nuttela hingga beragam varian ice cream, yang pali banyak dipesan adalah pisang goreng coklat keju," paparnya.  

Beragam Minuman Siap Temani Tansu

Menikmati Ketan Susu, belum lengkap rasanya tanpa ditemani minuman, untuk jenis minumannya Kedai Ketan Susu Coeg memiliki beragam jenis minuman. "Untuk minuman kami punya beberapa jenis, mulai dari susu hangat, soya, es susu, red and blue soda dan ice cream," ungkapnya.

Jenis minuman yang disajikan diakui Wika disesuaikan dengan jenis menu utamanya dan waktu buka kedai ini, yakni pada malam hari hingga dini hari. Selain bisa menjadi camilan, menu ini diakui Wika juga cukup mengenyangkan karena porsinya cukuo besar atau sekitar 200 gram ketan di luar topping. 

Untuk, makanan dan minuman yang disajikan dibanderol mulai harga Rp 15 ribu per porsi hingga Rp 35 ribu per porsi, teegantung jenis toppingbyang digunakan. "Harga yang kami patok, masih terjangkau karena pasar kmi adalah anak muda, sehingga kami sesuaikan dengan kantong anak muda," tambahnya.

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia