Minggu, 26 May 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Dua Palinggih Pura Luhur Gunung Banjar Ngis Hancur Ditimpa Pohon

31 Maret 2019, 18: 30: 21 WIB | editor : I Putu Suyatra

Dua Palinggih Pura Luhur Gunung Banjar Ngis Hancur Ditimpa Pohon

TUMBANG : Kondisi pasca pohon tumbang di Pura Luhur Gunung Banjar Ngis, Desa Jegu, Kecamatan Penebel, Tabanan, Minggu (31/3). (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, TABANAN - Akibat hujan deras, sebuah pohon Tangi tumbang dan menimpa dua pelinggih di Pura Luhur Gunung Banjar Ngis, Desa Jegu, Kecamatan Penebel, Tabanan pada Sabtu malam (30/3). Hal itu menyebabkan pelinggih Menjang Seluang dan Pelinggih Gedong Penyimpanan hancur.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, peristiwa itu pertama kali diketahui oleh salah seorang warga yang kemudian dilaporkan ke pemangku Pura Luhur Gunung I Wayan Subadi. Diperkirakan pohon tumbang Sabtu malam sekitar pukul 22.00 Wita setelah hujan deras mengguyur. Akibatnya kondisi Pelinggih Menjang Seluang rusak berat dan Pelinggih Gedong Penyimpanan bagian atas hancur hingga posisinya miring.

Dikonfirmasi terpisah, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Tabanan I Putu Trisna Widiatmika mengungkapkan bahwa Minggu pagi TRC (Tim Reaksi Cepat) BPBD Tabanan telah melakukan pengecekan ke lokasi pohon tumbang. Yang tumbang tersebut dahan dari pohon Tangi. "Dahan yang tumbang ukuranya cukup besar sehingga membuat dua pelinggih rusak," ujarnya Minggu (31/3). 

Atas peristiwa tersebut pihaknya sudah menyarankan pengempon membuat proposal untuk diajukan ke Pemkab Tabanan guna mendapatkan bantuan. Nanti setelah diajukan ada verifikasi lagi ke lapangan yang dilakukan oleh tim BPBD. "Tapi untuk sementara saya sudah laporkan ke pimpinan saya," imbuhnya.

Ditambahkannya, atas kondisi tersebut pemangku dan warga Banjar Ngis pun sudah melakukan guru piduka. Dan setelah melakukan guru piduka baru akan dilakukan evakuasi dahan pohon yang menimpa dua pelinggih. "Tadi kami melakukan evakuasi karena pihak banjar belum melakukan proses upacara guru piduka. Rencana evakuasi kita lakukan besok (hari ini,Red)," pungkasnya.

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia