Jumat, 24 May 2019
baliexpress
icon featured
Enjoy Bali

Serba Kelapa ala Love And Coconut Cafe Canggu

01 April 2019, 09: 49: 31 WIB | editor : I Putu Suyatra

Serba Kelapa ala Love And Coconut Cafe Canggu

KELAPA: Sajian makanan yang unik, makanan yang lezat dan nuansa yang indah. Semua menggunakan bahan dari Kepala. Silakan kunjungi Love And Coconut Cafe Canggu. (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, CANGGU - Dengan iklim tropis sepanjang tahun tidak saja membuat Pulau bali menjadi Pulau disinari matahari sepanjang tahun, dan Pulau Bali kaya akan buah-buahan tropis. Salah satunya adalah kelapa.

Buah dengan nama latin Cocos nucifera ini tidak saja menjadi bahan utama untuk membuat minyak kelapa, namun buah ini juga menjadi salah satu bahan makanan yang lezat. Terinspirasi dari buah inilah, Love And Coconut Café yang beralamat di jalan Munduk Catu no 7 Canggu menjadikan buah kelapa sebagai ikon dari café yang berdiri sejak akhir tahun 2016 lalu.

Ida Bagus Kade Witara atau yang akrab disapan Guswin, owner dari Love And Coconut Café mengatakan buah kelapa tidak saja menjadi ikon dari restoran ini, namun juga menjadi bahan utama dari menu makanan yang disajikan di Café ini. Bahkan menjadi tempat untuk menyajikan makanan. “Buah kelapa tidak saja kami olah sebagai makanan, namun kelapa juga kami gunakan sebagai piring saji, baik itu ketika menyajikan salad, ataupun makanan lainnya,” jelasnya.

Selain itu bagian lain dari kelapa juga tidak terlepas dari interior café ini, sebagian furniture café dibuat dari bahan kayu batang pohon kelapa, mulai dari pilar di café ini hingga meja di café ini dibuat dari bahan kayu kelapa.

Untuk mempertegas kesan tropis di café ini, hampir seluruh dinding dihiasi dengan lukisan bertema kelapa. “Lukisan ini sengaja dibuat selain untuk mempercantik ruangan, juga berfungsi untuk memperkenalkan fungsi kelapa dari masa ke masa kepada wisatawan yang datang,” ungkapnya.

Jenis menu yang disajijan di Love and Coconut ini adalah menu masakan berbahan  baku lokal namun mendapat sentuhan western food. Mulai dari Love And Coconut Signature Salad, Coconut Dream hingga menu dessert seperti Coconut Granola And Fruit Bowl.

Love And Coconut Signature Salad adalah signature salad yang dibuat dari beragam jenis sayuran segar yang dipadukan dengan labu manis panggang, telur puyuh dan kacang-kacangan. “Yang menjadikannya spesial adalah, menu ini dihidangkan di dalam batok kelapa muda, sehingga setelah salad habis, pelanggan bisa menikmati dagih kelapa muda yang manis,” paparnya.

Selanjutnya adalah Love And Coconut Laksa, menu mie kuah ini dihidangkan juga dihidangkan dalam batok kelapa muda, sehingga membuat tampilan dari menu ini cukup unik. Selain menu tersebut, ada juga Chiken Tortila, yakni masakan khas Mexico yang hidangkan dengan menggunakan sentuhan lokal.

Adapun sentuhan bahan lokal yang dimaksdu adalah penggunaan daging ayam dengan beragam jenis sayuran lokal yang dihidangkan dengan saus tartar home Made. “Yang berbeda dari menu ini adalah, adanya tambahan ubi goreng sebagai bahan pelengkap,” urainya.

Penggunaan ubi goreng ini dikatakan Guswin adalah Ide dari istrinyas yakni Jero Susanti, meskipun berasal dari Selandia Baru, namun Jro Susanti yang memiliki nama asli Hayler Jayne Patten sangat menyukai rasa manis dari Ubi Goreng.

Selain itu menurut Jero Susanti, rasa ubi goreng ini juga sangat cocok jika dipadukan dengan menu-menu makanan yang dihidangkan di Love And Coconut café. “Ubi goreng memiliki rasa yang lembut, sehingga sanggat cocok untuk dipadukan dengan beragam jenis makanan, selain itu, bahan ini jauh lebih sehat dibandingkan dengan kentang,” paparnya.  

Discount Bagi Yang membawa Kembali Bamboo Straw

SEBAGAI Café dengan konsep Green Café, Love And Coconut Café berusaha untuk meminimalkan penggunaan plastik dalam setiap aktivitasnya. Salah satu adalah dengan tidak menggunakan sdotan plastik. 

Sebagai gantinya, café ini menggunakan sedotan yang terbuat dari batang bamboo yang sudah dikeringkan. “Penggunaan bamboo untuk straw ini sebagai salah satu upaya untuk mengurangi penggunaan plastic dalam aktivtias kami,” ungkap Guswin.

Bagi pelanggan Love and Coconut yang membawa straw bamboo yang diberikan secara gratis, atau membawa sendiri sedotannya, pelanggan ini akan diberikan discount khusus untuk pembelian produk makanan ataupun minuman di Love and Coconut Canggu.

Untuk harga  makanan di Love And Coconut Café, diakui Guswin, harga makanan yang dijual di Love And Coconut Café ini relative terjangkau, mulai dari Rp 35 ribu sampai dengan Rp 90 ribu per porsinya.“Harga yang kami patok tidak tinggi, karena kami ingin semua kalangan bisa datang, apalagi saat ini Canggu menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan, khususnya backpacker,” tambahnya.

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia