Kamis, 18 Jul 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Tingkatkan Ketahanan Pangan Gianyar dengan Puspa Aman

04 April 2019, 23: 07: 34 WIB | editor : Hakim Dwi Saputra

Tingkatkan Ketahanan Pangan Gianyar dengan Puspa Aman

LAUNCHING : Launching program Puspa Aman di Desa Taro Kecamatan Tegallalang, Gianyar, Kamis (4/4). (PUTU AGUS ADEGRANTIKA/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, GIANYAR - Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (DKPKP) Kabupaten Gianyar berinovasi lewat program pusat pangan alami mandiri asri dan nyaman (Puspa Aman). Program ini berupaya mengajak masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan rumah ataupun lahan yang tidak produktif, seperti yang dilakukan  di Desa Taro Kecamatan Tegallalang, Kamis (4/4).

Bupati Gianyar, Made Mahayastra menjelaskan, masalah pangan, masyarakat harus lebih cerdas. Terlebih rumah- rumah di daerah pedesaan yang kebanyakan memiliki teba (halaman belakang), lahan produktif inilah yang harus dimanfaatkan dengan menanam beraneka ragam tanaman mulai dari sayur, buah buahan dan berbagai tanaman lainnya.

“ Jika semuanya sudah tercukupi, otomatis akan mengurangi pengeluaran sehari-hari. Selain itu, kita juga bisa menyajikan makanan yang sehat untuk keluarga, karena semua yang disajikan kita tahu kebersihannya,” ujarnya.

Bupati Mahayastra berharap masyarakat mau membuat kolam lele di rumah. Tidak perlu besar, secukupnya sesuai besarnya lahan di rumah. Untuk tujuan itu, secara simbolis ia menyerahkan bantuan bibit tanaman buah-buahan dan benih lele kepada Kelompok Wanita Tani.  Selain itu juga diserahkan 1 set regulasi Puspa Aman kepada Perbekel Desa Taro, bertempat di Wantilan Tempek Delod Sema Br. Taro Kelod.

Sementara itu, Kepala Dinas DKPKP Kab. Gianyar Ir. Dewi Hariani memaparkan, tujuan program Puspa Aman adalah memberdayakan rumah tangga dan masyarakat dalam penyediaan sumber pangan dan gizi melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan dan lahan sekitar tempat tinggal.

Langkah ini, jelasnya,  untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pola konsumsi pangan yang beragam, bergisi seimbang dan aman (B2SA). Sebab, Puspa Aman dapat meningkatkan konsumsi sayuran, buah protein nabati dan hewani di masyarakat.

(bx/ade/aim/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia