Rabu, 13 Nov 2019
baliexpress
icon featured
Features

Tempat Tinggal Numpang, Siji Makan dari Uluran Tetangga

05 April 2019, 06: 48: 17 WIB | editor : I Putu Suyatra

Tempat Tinggal Numpang, Siji Makan dari Uluran Tetangga

TERIMA BANTUAN: Desak Putu Siji, 75, (duduk) lansia miskin asal Banjar Kaleran, Desa Satra dan numpang di kerabat jauhnya, saat dijenguk Wabup Klungkung I Made Kasta kemarin (4/4). (HUMAS PEMKAB KLUNGKUNG FOR BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, SEMARAPURA - Warga lanjut usia (lansia) miskin di Klungkung belum semuanya mendapat perhatian pemerintah. Salah satunya Desak Putu Siji, 75, asal Banjar Kaleran, Desa Satra, Klungkung. Wanita yang tidak menikah itu harus numpang tinggal di rumah kerabat jauhnya yang masih berada di wilayah desa setempat.

Selain miskin, dia juga mengalami patah tulang paha kanan. Lantaran terjatuh di kamar mandi sebulan lalu. Dengan kondisi memprihatinkan itu, untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari, Siji pun hanya bisa mengandalkan uluran tangan tetangganya. Hal itu terungkap saat Wakil Bupati (Wabup) Klungkung I Made Kasta yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Klungkung menyerahkan bantuan kursi roda dan sembako kepada Siji pada Kamis (4/4) kemarin.

Perbekel Satra Dewa Putu Oka Arsana mengungkapkan, untuk menanggung kesehatannya, Siji sebenarnya sudah terdaftar JKN-KIS. Meski begitu, sampai saat ini tulang pahanya tidak kunjung dioperasi. Sebab, ketika bakal diambil tindakan operasi oleh petugas medis di RSUP Sanglah, Denpasar, beberapa waktu lalu, tidak ada mendampinginya. Operasi pun batal dilakukan. “Kami akan berupaya mencarikan solusi. Sehingga Desak Putu Siji mendapat pengobatan yang layak,” ujar Putu Oka Arsana.

Setelah melihat kondisi perempuan sepuh itu, Wabup Made Kasta mengimbau kepada perangkat desa untuk hadir di tengah-tengah masyarakat. Perangkat desa juga diminta mendata dan melaporkan warganya yang layak untuk mendapat bantuan pemerintah. Sehingga tidak ada warga telantar. Terlebih kondisinya memprihatinkan, seperti dialami Siji.

Tidak hanya itu, Kasta juga meminta Perbekel Satra segera mendata warga lain yang layak mendapat bantuan. “Data, selanjutnya dilaporkan ke Dinas Sosial Klungkung. Sehingga kami bisa langsung tindaklanjuti,” tegas Kasta.

Dalam kesempatan kemarin, Kasta juga menyebutkan, dirinya turun langsung ke lapangan setelah mendapatkan laporan soal kondisi yang dialami Siji. Bahkan kemarin dirinya membawa langsung bantuan, berupa kursi roda dan sembako. “Kami mendapat laporan, ada lansia sakit dan kurang mampu, yang katanya tidak mendapat bantuan. Makanya kami melihat langsung untuk memastikan kebenarannya,” tandas politikus Partai Gerindra asal Desa Akah, Klungkung itu.

(bx/wan/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia