Sabtu, 25 May 2019
baliexpress
icon featured
Bisnis

Kunjungan Museum Bali Didominasi Pelajar dan Wisatawan India

06 April 2019, 09: 10: 34 WIB | editor : I Putu Suyatra

Kunjungan Museum Bali Didominasi Pelajar dan Wisatawan India

TEMPAT PRAKTIK: Museum Bali yang terletak di Denpasar dimanfaatkan untuk ujian praktik sekolah sebuah SMK di Denpasar, Jumat (5/5) siang kemarin. (NI KETUT ARI KESUMA DEWI/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, DENPASAR - Museum Bali sedang menggalakkan program kunjungan ke museum. UPT Museum Bali mengupayakan sosialisasi berkunjung ke museum dengan menyasar murid SMP dan SMA di Bali. Jumat (5/4) siang kemarin, Bali Express (Jawa Pos Group) mengunjungi museum yang terletak di Jalan Mayor Wisnu, Denpasar ini.

Pantauan di lokasi menunjukkan, pagi kemarin suasana Museum Bali memang tengah dikunjungi beberapa wisatawan. Seperti rombongan murid SMK yang sedang melakukan ujian praktik guiding. Tak heran, suasana museum kemarin lebih meriah, setelah rombongan prewedding juga terlihat datang untuk mengambil gambar.

Berdasarkan data statistik yang diperoleh, kunjungan wisatawan domestik ke Museum Bali sepanjang tahun 2018 berjumlah 17.952 orang. Sementara itu, untuk kunjungan warga asing tahun 2018 sebanyak 15.570 orang. Data tersebut terbagi atas kategori dewasa, anak, mahasiswa, pelajar, prewedding, dan shooting. Berdasarkan data itu pula, pada tahun 2018 lalu, kunjungan wisatawan domestik maupun asing tertinggi terjadi pada bulan September dan Desember. Rata-rata pengunjung di bulan tersebut sekitar 4 ribu orang.

Sedangkan untuk kunjungan tahun 2019 tingkat kunjungan masih di angka ribuan orang. Seperti pada Januari, dengan jumlah pengunjung 2.352 orang. Lalu di bulan Februari sebanyak 2.744 orang, yang didominasi wisatawan asing sebanyak 878 orang. “Kunjungan paling banyak itu dari India. Rata-rata 130an orang per bulan,” ujar I Ketut Rena, Kasi Edukasi dan Preparasi UPTD Museum Bali. Sedangkan berdasarkan negara wisatawan tersebut, hingga data Februari, wisatawan asing tersebut tersebar dari 50an negara.

Lalu bagaimana dengan tiket bagi para pengunjung. Rena menjelaskan, untuk pengunjung domestik cukup membayar tiket masuk seharga Rp 10 ribu untuk anak-anak. Sementara untuk orang dewasa sebesar Rp 25 ribu. Sedangkan untuk wisatawan asing, tiket yang disediakan senilai Rp 25 ribu untuk anak-anak, dan Rp 50 ribu untuk dewasa. “Khusus bagi mahasiswa dan pelajar, tiket berkisar antara Rp 2 ribu sampai Rp 5 ribu,” terangnya. Selain itu, di Museum Bali juga menyediakan paket prewedding seharga Rp 1 juta untuk wisatawan mancanegara, dan Rp 500 ribu untuk domestik.

Seperti diketahui, Museum Bali merupakan museum umum provinsi. Koleksi yang dipamerkan pun beragam, dari benda budaya zaman purbakala, hingga benda budaya zaman ini, yang merepresentasikan kebudayaan Bali (akd)

(bx/wid/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia