Sabtu, 25 May 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Surya Paloh Ajak Masyarakat Karangasem Jaga Ideologi Pancasila

07 April 2019, 22: 08: 34 WIB | editor : Hakim Dwi Saputra

Surya Paloh Ajak Masyarakat Karangasem Jaga Ideologi Pancasila

KAMPANYE: Ketua Umum Partai NasDem Surya Dharma Paloh hadir dalam kampanye pemenangan calon Presiden Jokowi-Ma’ruf Amin Partai NasDem di parkir Stadion Wikrama Mandala, Karangasem, Minggu (7/4). (I MADE MARTAWAN/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, AMLAPURA- Ketua Umum Partai NasDem Surya Dharma Paloh hadir dalam kampanye pemenangan calon Presiden Jokowi-Ma’ruf Amin Partai NasDem di parkir Stadion Wikrama Mandala, Karangasem, Minggu (7/4).

Surya Paloh dalam orasinya mengajak masyarakat menjaga ideologi Pancasila. Pancasila diartikan sebagai ideologi untuk menjaga agar seluruh tatanan kehidupan perilaku kebangsaan berjalan sebagaima dikehendaki atau alat pemersatu.

 “Kita harus menjaga Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara,” katanya.

Itu artinya, lanjut Surya Paloh, ketika ada pemikiran yang mencoba menawarkan pilihan ideologi lain yang tidak sejalan dengan Pancasila, maka harus dilawan. Karena Pancasila adalah hidup matinya negara republik Indonesia. Pancasila dengan kelima silanya menjadi kekuatan, sebagai perekat, alat pemersatu perbedaan suku, agama, bahasa, dan adat-stiadat. “Berbeda-beda tetapi satu jua,” tegas Surya Paloh di hadapan ribuan warga yang hadir.

Terkait kemenangan Jokowi di Bali pada pencoblosan 17 April 2019, Surya Paloh menyebut, potensinya bisa lebih 90 persen. Hal itu terlihat dari emosi publik dan keterikatan masyarakat Bali dengan capres 01 itu, sedangkan Partai NasDem membawa semangat restorasi mengusung Jokowi. “Empati publik menentukan sekali.  Saya pikir rakyat Bali sudah memutuskan hal itu,” ujarnya usai acara.

Ketua DPD NasDem Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri mengajak masyarakat mengawal kemenangan Jokowi dengan tidak segan-segan memilih Nasdem dan Jokowi pada pencoblosan nanti. Selain itu, ia juga mengajak pejabat legislatif dari Partai NasDem lebih banyak mendengar suara masyarakat, turun langsung melihat kondisi riil masyarakat. Ia juga mengingatkan agar mengedepankan politik ramah dengan sentuhan lembut.

Acara itu juga dihadiri kader NasDem yang juga Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Ketua DPP NasDem Willy Aditya. Hadir pula Ketua DPW NasDem Provinsi Bali Ida Oka Gunastawa, serta sejumlah caleg NasDem dari tingkat kabupaten, provinsi hingga caleg DPR RI dapil Bali. Kedatangan Surya Paloh disambut Tari Pendet, kesenian rudat, baleganjur dan kesenian jegog khas Jembrana.

(bx/wan/aim/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia