Sabtu, 25 May 2019
baliexpress
icon featured
Balinese

Sosok Sulinggih Penjaga Beji Pura Dalem Kawi Kerap Muncul

08 April 2019, 08: 39: 17 WIB | editor : I Putu Suyatra

Sosok Sulinggih Penjaga Beji Pura Dalem Kawi Kerap Muncul

TAMBA : Selain digunakan untuk air minum, malukat, dan untuk ke luhur, di Pura Beji juga sebagai tempat nunas tamba (obat). (PUTU AGUS ADEGRANTIKA/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, GIANYAR - Beji Pura Dalem Kawi, Dukuh, Banjar Kutuh, Desa Sayan, Ubud, lokasinya sangat strategis. Selain diapit dua sungai, juga tempatnya ada di bawah pepohonan besar. Kesan magis sangat terasa bila berada di areal Beji.

Jero Mangku Lingsir Pura Dalem Kawi, Jero Mangku Wayan Duri,tak menyanggah kawasan Beji memang suasananya beda.

“Biasanya menjelang piodalan ada saja sosok Sulinggih menampakkan diri yang datang di sana. Diyakini itu adalah penjaga Beji tersebut. Karena yang malinggih (bersthana) di sana adalah Bhatari Gangga,” tuturnya saat ditemui Bali Express (Jawa Pos Group) pekan kemarin di Ubud.
Ia menjelaskan, piodalan dilaksanakan setahun sekali,  pada Purnama Kadasa, dan ber barengan dengan piodalan Pura Dalem Kawi yang ada di wilayah banjar setempat.


Jero Mangku Lingsir mengatakan, pada musim kering airnya tidak akan pernah surut. Aliran sungainya berjalan normal dan lancar seperti biasanya.

“Dari cerita lelingsir dulu, katanya aliran tirta itu asalnya dari Kintamani Batur, itu,” jelas pria yang  umurnya sudah kepala tujuh.


Soal  khasiat, Jero Mangku Lingsir mengatakan, selain untuk menyembuhkan penyakit kulit, juga ada yang sembuh dari penyakit non medis. Namun, diakuinya, banyak warga yang datang malukat  secara diam-diam pada malam hari, agar tak banyak diketahui orang.

"Yang penting niatnya bersih dan baik, mudahan diberkati. Lantaran banyak yang datang diam diam malam hari, tidak mengetahui secara rinci apa yang diharapkan pamedek," pungkasnya.

(bx/ade/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia