Sabtu, 25 May 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Wujudkan Desa Wisata, Gianyar Bentuk BUMDes Bersama

08 April 2019, 18: 13: 16 WIB | editor : Hakim Dwi Saputra

Wujudkan Desa Wisata,  Gianyar  Bentuk BUMDes Bersama

PERTEMUAN : 15 Desa di Gianyar melaksanakan pertemuan di Ruang Candra Sabha Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Senin (8/4). (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, GIANYAR - Sebanyak 15 desa di Gianyar berkomitmen membentuk Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDes Bersama) untuk mewujudkan desa wisata, dalam upaya meningkatkan pendapatan asli desa. Hal itu mengemuka dalam pertemuan yang dilakukan di Ruang Candra Sabha, Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Senin (8/4).

Perbekel Batubulan, Dewa Gede Sumertha mengatakan, pertemuan ini merupakan kelanjutan dari pertemuan yang telah dilaksanakan di Desa Mas (9/1) lalu. Dari 15 desa tersebut, baru 9 desa yang ditetapkan Bupati Gianyar  menjadi desa wisata tahun 2017.

“Pembentukan desa wisata merupakan upaya peningkatan kesejahteraan serta pengembangan daerah wisata di Gianyar, sehingga masing-masing desa mampu mengoptimalkan potensi desa demi mewujudkan desa yang mandiri,” jelasnya.

Namun, untuk menghindari kesenjangan dan penyebaran perkembangan pariwisata, lebih baik dilaksanakan secara bersama-sama. Hal tersebut  diwujudkan melalui kerja sama antar desa. Salah satunya dengan mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama.

Ketua Yayasan Desa Wisata Akademi, Jro Mangku Kandia mengatakan,  pertemuan yang divasilitasi Perbekel Batubulan ini, merupakan langkah awal, dalam rangka menjalin kerja sama antar desa. Nanti akan dilanjutkan dengan melibatkan Toorhop untuk membantu memasarkan paket desa wisata di internet.

Saat pelaksanaan Focus discussion Group (FGD), pihak Toorhop akan membuat kerja sama dengan BUMDes Bersama, supaya bisa membantu memasarkan paket wisata yang tersedia. “Sesuai kesepakatan, namanya  adalah BUMDes Bersama Gianyar Aman, dengan tujuan memasarkan potensi wisata di desa-desa dengan cara yang lebih modern,” imbuhnya.

(bx/ade/aim/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia