Jumat, 20 Sep 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Kader Posyandu Gianyar Ikuti Pelatihan PMT dan Spa Bayi

08 April 2019, 18: 38: 56 WIB | editor : Hakim Dwi Saputra

Kader Posyandu Gianyar Ikuti Pelatihan  PMT dan Spa Bayi

PELATIHAN : Pelatihan untuk Kader Posyandu Kabupaten Gianyar, di Gedung Wisata Mandala Samuantiga Desa Bedulu Gianyar, Senin (8/4). (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, GIANYAR – Sebanyak 404 orang Kader Posyandu di Kabupaten Gianyar diberikan pelatihan tentang pemberian makanan tambahan (PMT) dan spa bagi bayi.  Kegiatan itu diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Gianyar bekerja sama dengan TP. PKK Gianyar, di Gedung Wisata Mandala, Samuantiga, Desa Bedulu, Gianyar, Senin (8/4).

Ketua Panitia Kegiatan, Anak Agung Sri Sruti Sundari, menjelaskan, pelatihan yang diikuti  404 orang peserta ini, dilaksanakan dari tanggal  8 sampai 10 April. “Tujuannya untuk menambah pengetahuan bagi para kader, terutama dari desa binaan dan desa lokus stunting tahun 2019.  Harapannya, para kader dapat membuat makanan tambahan bagi balita, dan meningkatkan keterampilan dalam melaksanakan spa bayi,” terangnya.

Menurutnya, pelatihan pengolahan pangan menjadi PMT dirasa sangat penting, terutama dalam penganekaragaman menu. Selama ini, menunya hanya bubur kacang hijau, kue, dan jajanan lainnya.  Namun lewat pelatihan ini, para kader diharapkan mampu mengolah menu menjadi lebih beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA). 

Saat pelatihan, para kader posyandu diajarkan cara mengolah menu PMT untuk balita mulai usia 1 – 5 tahun, seperti mengolah ikan.  Pasalnya , ikan merupakan salah satu bahan makanan yang kaya  asam amino dan mudah diserap oleh usus bayi.  Begitu juga dengan kandungan asam lemak dan omega 3 di dalamnya, sangat cocok untuk perkembangan dan pertumbuhan otak anak.

Dengan bahan yang telah disiapkan, para kader dilatih membuat menu kroket mie dengan bahan dasar ikan tuna, bakso goreng ikan krispi dan sup ubi macaroni. Selain itu, para kader juga dilatih membuat pudding roti tawar, bolu kacang hijau, pudding lumut dan beraneka jenis jajanan.

Sekretaris PKK Kab. Gianyar, Ni Wayan Sriyani menjelaskan, dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, TP PKK Gianyar mengoptimalisasi kader posyandu. Melalui  pelatihan ini, diharapkan mampu meningkatkan keterampilan kader posyandu, terlebih dalam berinovasi khususnya untuk kegiatan penganekargaman konsumsi pangan.

(bx/ade/aim/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia