Minggu, 23 Feb 2020
baliexpress
icon featured
Politik

KPU Badung Siap Distribusikan Logistik Pemilu

08 April 2019, 20: 34: 50 WIB | editor : Hakim Dwi Saputra

KPU Badung Siap Distribusikan Logistik Pemilu

LOGISTIK: Petugas KPU Badung tengah mengepak logistik pemilu beberapa waktu lalu. (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, MANGUPURA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung tengah bersiap mendistribusikan logistik pemilu ke seluruh desa dan kelurahan di Badung. Pendistribusian  dimuali 12 April mendatang. Tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan menerima lima rangkap logistik.

Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta mengatakan, pendistribusian ditargetkan  selesai H-1 pencoblosan, yakni 16 April. “Dari tanggal 12 April, logistik kami akan distribusikan ke seluruh desa/kelurahan. Pendistribusian, kami targetkan hingga tanggal 16, karena setiap hari satu varian yang akan kami distribusikan,” ungkapnya, Senin (8/4).

Namun, pihaknya akan melaksanakan rapat terlebih dahulu guna membahas rute pendistribusian. “Kami akan rapatkan dulu mengenai rute pendistribusian logistic, untuk memudahkan petugas di lapangan,”  terangnya.

Diterangkan, logistik pemilu akan dititipkan di kontor desa atau kelurahan. Teknisnya, logistik didistribusikan ke masing-masing TPS pada saat hari pencoblosan. Jadi, sebelum hari pencoblosan, logistik harus tetap berada di kantor desa/kelurahan, dengan penjagaan ketat pihak terkait, melibatkan KPU Badung, Bawaslu, dan aparat keamanan.

Sementara itu, Kayun Semara, sapaan akrabnya, juga mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan pengepakan logistik pemilu. Pengepakan telah start 31 Maret lalu di Kantor KPU Badung di Jalan Kebo Iwa Nomor 39 Denpasar.

Satu rangkap logistik terdiri dari satu kotak suara, berisi beberapa kelengkapan, misalnya sampul, surat suara, formulir C1 plano yang nantinya diisi daftar hasil peroleh suara dari peserta pemilu yang dihitung di TPS. Selanjutnya, formulir C2 untuk para saksi, formulir C3 untuk pendamping orang yang berkebutuhan khusus memilih.

Per TPS, lanjutnya, akan menerima lima kotak logistik sekaligus. Sebab, pada pemilu kali ini, dilaksanakan pemilihan sekaligus, mulai dari pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan calon Angota DPR, DPD dan DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten. “Jadi tiap TPS menerima lima kotak logistik,” tandasnya.

(bx/adi/aim/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia