Rabu, 13 Nov 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Pol Air Bangli Sisir Sampah Plastik di Dermaga Kedisan

09 April 2019, 06: 31: 38 WIB | editor : I Putu Suyatra

Pol Air Bangli Sisir Sampah Plastik di Dermaga Kedisan

ANGKUT SAMPAH: Personel Pol Air Bangli bersama masyarakat mengumpulkan puluhan karung sampah dari sekitar Dermaga Kedisan hingga Danau Batur, Senin (8/4) kemarin. (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, BANGLI – Jika melihat kondisi Dermasa Wisata Desa Kedisan, Kintamani beberapa waktu lalu sebelumnya, memang tak pernah bersih dari sampah plastik yang mengambang. Kondisi itu pun jelas menjadi pemandangan yang tidak mengenakkan bagi wisatawan. Tapi kemarin (8/4) pemandangan berbeda terlihat di areal dermaga dan Danau Batur. Lantaran air danau di dermaga terlihat jauh lebih bersih. Hal itu tentu saja tak lepas dari aksi puluhan personel Polisi Air Polres Bangli bersama ratusan warga lainnya yang menggelar aksi sikat sampah plastik di kawasan dermaga dan Danau Batur pada Senin pagi kemarin.

Kegiatan bersih-bersih sampah, khususnya sampah plastik di kawasan tersebut, juga diselaraskan dengan program Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik. Gerakan yang baru sehari diluncurkan Gubernur Bali Wayan Koster bersama pemerintah kabupaten dan kota di seluruh Bali.

Selain diikuti puluhan personel kepolisian. Dalam aksi mereresik (bersih-bersih) itu, juga turut ambil bagian petugas kebersihan Desa Kedisan, bersama anggota pengusaha jasa penyeberangan. Tak ketinggalan, puluhan anggota asosiasi pedagang Desa Kedisan bersama para siswa dan relawan organisasi peduli lingkungan juga turut berbaur ikut dalam aksi tersebut. Hingga akhirnya, dengan gerakan bersama puluhan karung sampah plasti yang sebelumnya mengambang di permukaan air danau berhasil dikumpulkan. Terlebih penyisiran sampah plastik, juga lakukan hingga ke beberapa bagian danau. “Pembersihan dilakukan di sekitar Dermaga Kedisan, agar danau bersih dari sampah. Selain itu, yang paling penting Danau Batur tidak tercemar,” kata Kepala Satuan (Kasat) Pol Air Polres Bangli AKP I Made Redha, kemarin.

Sedangkan Kapolres Bangli AKBP Agus Tri Waluyo menyatakan, Dermaga Kedisan sebagai objek wisata yang banyak didatangi wisatawan domestik maupun asing, sudah semestinya berubah, minimal dari sisi kebersihan. “Supaya wisatawan merasa aman dan nyaman. Jika destinasi wisata tersebut dipenuhi sampah, pastinya wisatawan akan enggan untuk datang lagi,” sambungnya.

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia