Senin, 27 May 2019
baliexpress
icon featured
Bisnis

Pastikan Sehat, Pemkab Badung Kembali Audit LPD

10 April 2019, 06: 46: 19 WIB | editor : I Putu Suyatra

Pastikan Sehat, Pemkab Badung Kembali Audit LPD

Ilustrasi (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, MANGUPURA - Program audit eksternal terhadap Lembaga Perkreditan Desa (LPD) akan dilanjutkan Pemerintah Kabupaten Badung. Hal ini dalam rangka ikut melakukan pengawasan dan mendorong eksistensi LPD sebagai salah satu penyokong ekonomi kerakyatan. Audit difokuskan kepada LPD yang belum diaudit tahun sebelumnya.

Kabag Perekonomian Setda Badung AA Sagung Rosyawati, Selasa (9/4) kemarin mengatakan, audit terhadap LPD ini dijadwalkan berlangsung pada triwulan IV. Dalam pelaksanaannya, akan dillibatkan auditor independen. “Nanti auditor independen yang akan melakukan audit. Jadi, secara teknis pelaksanaannya sama seperti tahun-tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Tidak jauh berbeda dengan audit sebelumnya, Rosyawati mengatakan, audit eksternal yang dicanangkan pemerintah dalam rangka membantu melihat kinerja LPD. Kata dia, audit eksternal ini merupakan wujud kepedulian bupati. “Tujuannya, sebagai dasar pertimbangan perbaikan ke dalam. Sehingga LPD bisa lebih sehat dan profesional. Dengan begitu, dapat mendorong dan membantu perekonomian masyarakat,” terangnya.

Meski audit sifatnya eksternal, pemerintah menjami hasil audit dari tim auditor independen tak akan dipublikasikan ke publik. Melainkan hanya diserahkan kepada pihak desa saja. Dengan demikian, pengurus LPD tidak perlu takut atau khawatir.

Berdasarkan data dari Bagian Perekonomian Setda Badung, LPD di Badung berjumlah 122 lembaga. Sejak tahun 2017 audit dilakukan secara bertahap. Di tahun pertama (2017) audit dilakukan pada 85 LPD. Menyusul pada tahun 2018 menyasar 26 LPD. “Pada tahun 2019 ini kami rancang mengaudit dua LPD yang sudah siap, sisanya pada tahun 2020,” tandas Rosyawati.

(bx/adi/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia