Jumat, 24 May 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Polair Kawal Pengiriman Logistik Pemilu ke Nusa Penida

14 April 2019, 18: 50: 37 WIB | editor : Chairul Amri Simabur

Polair Kawal Pengiriman Logistik Pemilu ke Nusa Penida

MENYEBERANG : Petugas Polair saat mengawal proses distribusi logistik Pemilu 2019 ke Nusa Penida. (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, SEMARAPURA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klungkung mulai mengirim logistik pemilu ke Kecamatan Nusa Penida, Klungkung Minggu (14/4) pagi. Pengiriman logistik menyeberangi laut itu dikawal ketat pihak Kepolisian dan TNI.

Ada 505 kotak dan 404 bilik dibawa menggunakan enam truk dan menyeberangi KMP Nusa Jaya Abadi. Pengawalan pengiriman dari gudang logistik GOR Swecapura, Klungkung menuju Pelabuhan Padangbai, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem dipimpin Kapolres Klungkung AKBP I Komang Sudana.

Selanjutnya, pengawalan menyeberang ke Nusa Penida dipimpin Waka Polres Klungkung Kompol Ida Bagus Dedi Januartha dengan melibatkan sekitar 71 personil Kepolisian di dalam kapal.

LINTAS PULAU : Truk pengangkut logistik Pemilu 2019 begitu tiba di Pelabuhan Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, untuk diangkut ke Nusa Penida, Minggu (14/4).

LINTAS PULAU : Truk pengangkut logistik Pemilu 2019 begitu tiba di Pelabuhan Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, untuk diangkut ke Nusa Penida, Minggu (14/4). (ISTIMEWA)

Selain itu juga ada pengawalan dari Satpolair Polres Klungkung dan Ditpolair Polda Bali. Masing-masing naik perahu beriringan dengan kapal yang mengangkut logistik. “Biar lebih aman,” jelas Dedi Januartha.

Ketua KPU Klungkung I Gusti Lanang Mega Saskara menyebutkan, pengiriman logistik ke Nusa Penida tidak bisa dilakukan sekali. Logistik Nusa Penida yang dikemas menjadi sebelas truk dikirim dua kali.

“Pengiriman pertama enam truk. Kemudian dilanjutkan keesokan harinya (Senin hari ini,Red) dengan lima truk,” terangnya.

Dia pun mengakui ada perubahan dalam pendistribusian logistik khusus Nusa Penida. Rencana awal logistik yang berangkat dari GOR Swecapura langsung ke PPS di masing-masing desa. Namun ternyata, setelah rapat koordinasi dengan Polres Klungkung diputuskan logistik transit di kantor Camat Nusa Penida.

Logistik akan dibawa ke PPS pada 16 April atau H-1 pencoblosan. Hal itu dilakukan dengan alasan keamanan. “Sehari sebelum pencoblosan baru bergeser ke PPS. Selama di Kantor Camat, logistik tidak diturunkan. Tetap di atas truk. Sekali diturunkan di PPS,” tandas Mega Saskara.    

(bx/wan/hai/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia