Minggu, 26 May 2019
baliexpress
icon featured
Kolom

Dear Rakyat Indonesia, Mari Dukung Hasil Pemilu untuk Kemajuan Bangsa

Oleh: Kevin Antara

19 April 2019, 19: 35: 59 WIB | editor : I Putu Suyatra

Dear Rakyat Indonesia, Mari Dukung Hasil Pemilu untuk Kemajuan Bangsa

Ilustrasi (jawapos.com)

SEPERTI yang selama ini kita ketahui, semboyan utama Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercinta ini adalah Bhinneka Tunggal Ika, yakni berbeda-beda tapi tetap satu. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya ras, suku, dan agama yang mendiami tanah air yang begitu kita cintai ini.

Persatuan di negara Indonesia ini sudah tertanam semenjak dahulu kala. Hal ini dibuktikan dengan adanya kegiatan gotong royong dan musyawarah bersama yang merupakan sebuah kebiasaan yang tidak dapat dilepaskan dari rakyat Indonesia.

 Kebiasaan rakyat Indonesia dalam gotong royong dan musyawarah membuat rasa kekeluargaan serta rasa persatuan timbul.

Rasa persatuan yang dipupuk dalam praktik gotong royong ini membuat keberagaman yang ada terlihat indah. Itulah mengapa keberagaman harus dikelola dengan baik sebab apabila keberagaman dikelola secara baik apa yang dihasilkan adalah energi yang luar biasa besarnya.

Namun sebaliknya, jika pengelolaannya semrawut, keberagaman yang ada hanya akan menghasilkan perpecahan antar golongan.

Pada masa kemerdekaan, semangat "Persatuan Indonesia" merupakan faktor inti yang melecut motivasi dan semangat para pejuang Indonesia. Hal ini seperti yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 yang berbunyi: "Dan perjuangan pergerakan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa menghantarkan rakyat Indonesia kedepan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur".

Semangat persatuan ini sangat penting untuk dipertahankan demi memajukan Indonesia menuju arah yang lebih baik dan beradab. Kita semua harus bersatu agar status negara kita naik drajatnya dari yang sebelumnya merupakan negara berkembang menjadi negara maju di mata dunia dan internasional.

Indonesia yang dikenal maju di mata internasional merupakan cita-cita utama para pejuang kemerdekaan dan founding father bangsa ini. Ketika negara ini telah maju secara ekonomi, pembangunan, maupun sarana dan pra-sarananya, maka perjuangan mereka yang telah rela menyerahkan nyawanya untuk kedaulatan negara Indonesia yang sangat kita cintai tidak akan menguap begitu saja dan sia-sia.

Untuk itulah, sebagai rakyat Indonesia yang melanjutkan perjuangan para pahlawan yang telah gugur di medan perang, setelah gelaran Pemilihan umum 2019 usai kini maka  apa yang harus kita lakukan adalah tetap menjaga persatuan seperti yang selama ini kita tampakkan di hadapan negara-negara lain yang sepertinya meremehkan kita.

Terlepas siapapun yang menang pada Pemilu 2019 ini kita tidak boleh tercerai berai.

 Kita harus tetap bersatu sehingga program-program mampu kita lanjutkan untuk memajukan Indonesia dapat terlaksana dengan baik sehingga generasi penerus kita bisa mencontoh apa yang kita lakukan di masa kini tatkala mereka nantinya yang akan meneruskan estafet kepemimpinan di negeri ini.

Dear rakyat Indonesia, Mari Kita Dukung Hasil Pemilu 2019 untuk Kemajuan Bangsa Indonesia yang maju, makmur, dan disegani di mata internasional. Mari rajut persatuan dan terus kita lawan hoax serta oknum oknum yang terus berusaha memecah belah persatuan untuk memaksakan kehendaknya. NKRI harga mati dan Lqncasila Jiwa dan Falsafah kita mari kita pertahankan dengan bergandengan tangan menuju kemajuan bangsa. (*)

*) Blogger Tapanuli Selatan

(bx/wid/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia