Senin, 27 May 2019
baliexpress
icon featured
Kolom

Berjiwa Besar Pasca Pemilu, Bersatu Demi Indonesia yang Lebih Maju

Oleh: Hilmiah Rahmiatun*

20 April 2019, 11: 28: 34 WIB | editor : I Putu Suyatra

Berjiwa Besar Pasca Pemilu, Bersatu Demi Indonesia yang Lebih Maju

Ilustrasi (ISTIMEWA)

PADA tanggal 17 April kemarin rakyat Indonesia berbondong-bondong menuju tempat pemungutan suara untuk menunaikan hak kedaulatan mereka sebagai warga Indonesia yang sah dengan riang gembira. Kita sepatutnya bersyukur gelaran Pemilu 2019 ini telah terlaksana sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan dan tidak diundur meski ada berbagai permasalahan yang muncul, namun secara keseluruhan berlangsung lancar dan kondusif, apalagi Pemilu di Indonesia merupakan pemilu terbesar dan terumit didunia. Hal ini lah yang menjadi alasan banyak dipuji oleh negara lain.

Sebenarnya kemerdekaan yang sudah kita rebut bukanlah satu-satunya tujuan, karena kemerdekaan hanyalah sebuah pintu yang akan menghantarkan Indonesia kepada tujuan yang sebenarnya: Indonesia yang sejahterah, bersatu, beradab, dan berkeadilan. Dewasa ini, ketika kita memperhatikan bagaimana tindak tanduk bangsa Indonesia di mata dunia, kita masihlah sangat jauh dari apa yang menjadi tujuan utama kemerdekaan tanah air yang kita cintai ini. Kedewasan para elit sangatlah dituntut untuk bijaksana dalam menyikapi kontestasi politik demi tetap terjaganya situasi yang kondusif. Mental siap kalah dan menang dalam kontestasi bukanlah sekedar jargon, namun harus diwujudkan secara bijaksana.

Itulah mengapa bisa kita katakan bahwa pekerjaan rumah utama kita sebagai masyarakat Negara Kesatuan Republik Indonesia masih sangatlah banyak dan pastinya membutuhkan waktu yang sangat lama. Gelaran Pemilu 2019 ini merupakan gerbang utama dalam perbaikan negeri yang kita cintai ini hingga 5 tahun ke depan. Nasib bangsa kita selama 5 tahun mendatang sangat bergantung pada pesta demokrasi yang sayangnya sedikit dicederai oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang menginginkan pasangan yang mereka dukung , seperti maraknya hoax dan fitnah serta berbagai upaya yang coba menggangu jalannya Pemilu serta mendelegitimasi pemillu itu sendiri. Mari kita percayakan kepada penyelenggara KPU dengan tetap mengawal prosesnya hingga akhir.

Berdasarkan hasil quick count berbagai lembaga survei yang mengunggulkan pasangan calon nomor urut 01 itu sebagai pemenang pemilihan presiden 2019. Sampai pada waktunya rekapitulasi suara secara resmi diumumkan Komisi Pemilihan Umum. Sementara di kubu 02  terus melakukan politik membangun persepsi publik, bahwa merekalah pemenang pilpres. Mereka membuat manuver agar masyarakat tidak percaya terhadap lembaga survei. Untuk itu sebaiknya semua pihak bersabar menunggu keputusan resmi KPU dengan tidak membangun persepsi di publik yang justru akan memprovokasi massa. Pendekatan hitung cepat quick count merupakan metode pengetahuan yang telah teruji diberbagai penyelenggaraan Pemilu di beberapa negara. Karena apa jadinya jika metode tersebut tidak dilakukan dan justru memberi peluang kepada pihak-pihak tertentu untuk melakukan kecurangan, dan rakyat pemilih di buat gelap sepanjang menunggu hasil resminya. Namun demikian tetaplah bersabar untuk menunggu hasil keputusan resmi KPU. yang harus dibanguin saat ini adalah menyatukan kembali semua elemen masyarakat pasca Pemilu sambil menunggu hasil resmi.

Ketika kita telah menyadari arti penting Pemilu 2019 dan tujuan utama kemerdekaan bangsa Indonesia, kita semestinya memahami bahwa segala jenis pertikaian, keributan, dan kegaduhan sangatlah jauh dari marwah bangsa Indonesia yang bermartabat. Untuk itu, mulai detik ini juga, apa yang harus kita lakukan adalah melakukan tindakan-tindakan yang sekiranya mampu membantuan negara untuk mewujudkan kemajuan pembangunan di Indonesia. Mungkin banyak dari kita yang masih gamang apa langkah-langkah yang mampu menghantarkan Indonesia menjadi negara yang maju. Tentunya ada begitu banyak, akan tetapi hal yang paling penting adalah merajut kembali persatuan dan kesatuan setelah sebelumnya sempat terbelah-belah dan terkotak-kotak akibat pilihan politik yang berbeda. Cara lainnya mari kita sebar konten konten dan narasi narasi yang menumbuhkan optimisme bangsa dengan berbagai keunggulan bangsa kita agar kita menjadi kuat dan disegani bangsa lain.

Ketika semua elemen negara bersatu-padu, segala halangan dan rintangan yang menghadang bukanlah sebuah permasalahan, melainkan hanya sekedar debu yang menempel di kaca rumah kita yang mampu kita bersihkan dengan mudah untuk Indonesia yang lebih maju, kita harus bersatu pasca Pemilu 2019 ini. Sekali lagi sebaiknya semua pihak bersabar menunggu keputusan resmi KPU , bagi yang menang janganlah jumawa dan tetap merangkul semua komponen bangsa dan bagi yang kalah tidak perlu marah-marah dan memprovokasi massa namun  harus legowo guna bersama-bersama mengawal jalannya pemerintahan untuk kemajuan bangsa. (*)

*) Blogger- Yogyakarta

(bx/wid/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia