Senin, 27 May 2019
baliexpress
icon featured
Bisnis

Diubah Jadi Pasar Umum, Pasar Ikan Tuakilang Tetap Sepi

21 April 2019, 20: 01: 41 WIB | editor : I Putu Suyatra

Diubah Jadi Pasar Umum, Pasar Ikan Tuakilang Tetap Sepi

SEPI: Kondisi Pasar Tuakilang di Desa Denbantas, Kecamatan Tabanan, Selasa (9/4). (DEWA RASTANA/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, TABANAN - Pasar Ikan Tuakilang di Desa Denbantas, Kecamatan Tabanan yang selama ini terbengkalai memang telah telah diubah statusnya menjadi Pasar Umum. Namun hal itu tak merubah kondisi pasar ini, tetap saja sepi hingga tak pantas disebut Pasar karena jauh dari kata ramai.

Berdasarkan pantuan dilapangan Minggu (21/4), pasar yang seharusnya ramai oleh pembeli itu malah sepi bak bangunan tak berpenghuni.  Dari 12 kios yang ada, semua nampak kosong bahkan kondisinya berdebu.

Sebelumnya Pemkab Tabanan melalui Dinas Perikanan Tabanan membangun Pasar Ikan guna mempermudah masyarakat melakukan jual-beli ikan dan hasil laut lainnya. Namun semakin hari pasar semakin sepi hingga pedagang kabur satu persatu.  Dan akhirnya status Pasar Ikan diubah menjadi Pasar Umum.

Salah seorang pedagang di pasar tersebut, Ni Ketut Niri menuturkan bahwa dulunya ia mendaftar untuk menjadi pedagang ikan. Namun ternyata respon masyarakat tidak begitu bagus sehingga sangat jarang ada pembeli yang berbelanja. Sehingga banyak pedagang yang kabur, dan ia memilih bertahan namun beralih menjual bubur dan sayuran.

"Kalau dulu semua los terisi, tapi karena tidak ada pembeli ya pedagang semua kabur, karena kan dulu khusus jual ikan saja" ungkapnya. 

Setelah dijadikan pasar umum, kini hanya ada 4 pedagang yang menempati los, yakni menjual baju, canang, bubur dan nasi jinggo. Menurutnya pada siang hari, pasar memang sepi namun pada sore hari bagian depan pasar biasanya ramai. Karena juga banyak pedagang kaki lima ikut berjualan. "Kalau siang hari begini memang sepi," imbuhnya.

Terkait hal tersebut, Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tabanan, Ni Wayan Primayani menjelaskan sejak tahun 2018 lalu Pasar Ikan Tuakilang diambil alih Disperindag Tabanan karena statusnya menjadi Pasar Umum. "Dan setelah menjadi Pasar Umum sudah ada pedagang canang, sayur, dan kuliner," tegasnya.

Hanya saja dirinya tidak menamfik bahwa transaksi di Pasar Ikan Tuakilang tersebut tidak terlalu tinggi meskipun telah diubah menjadi pasar umum. Bahkan sebagian besar kios masih kosong. "Nah untuk mengatasi ini kami sudah lakukan upaya dimana yang berminat berjualan disana diberikan peluang," sambungnya. 

Bahkan ketika ada yang berminat berjualan pihaknya akan terbitkan Surat Ketetapan Retribusi Daerah (SKRD) untuk berjualan dan tidak dikenakan biaya. "Dan sudah kami informasikan hanya saja belum ada yang daftar," pungkasnya.

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia