Jumat, 24 May 2019
baliexpress
icon featured
Politik
PEMILU 2019

Golkar Terjepit, PDIP Berpeluang Rebut Posisi Ketua Dewan

21 April 2019, 20: 23: 27 WIB | editor : Chairul Amri Simabur

Golkar Terjepit, PDIP Berpeluang Rebut Posisi Ketua Dewan

Made Sukerana dan Gede Dana (dari kiri ke kanan) (CHAIRUL AMRI SIMABUR/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, AMLAPURA – Mengacu data sementara perolehan suara hasil pemilu 17 April lalu di Karangasem, kursi ketua DPRD Karangasem kemungkinan besar beralih ke PDIP.

Hal itu berdasarkan hasil penghitungan perolehan suara calon legislatif oleh masing-masing partai politik (parpol). PDIP diperkirakan mendapat 12 kursi DPRD Karangasem, sekaligus menjadi peraih kursi terbanyak.

Sedangkan Golkar yang hasil pileg 2014 berhasil merebut kursi ketua dewan, kali ini memperkirakan mendapat sebelas kursi.

Ketua DPD II Golkar Karangasem I Made Sukerana mengakui, berdasarkan hasil penghitungan partainya, Golkar meraih sebelas kursi DPRD Karangasem.

Perolehan itu turun satu kursi dibandingkan Pileg 2014. Kondisi itu membuatnya pesimitis mempertahankan kursi ketua dewan. “Karena PDIP kabarnya dapat lebih dari 11 kursi,” jelas Sukerana, Minggu (21/4) kemarin.  

Sukerana menegaskan, Partai Golkar sangat berat meraih kursi lebih banyak dari pileg lima tahun lalu. Hal itu tak terlepas dari pengaruh I Wayan Koster sebagai Gubernur Bali, yang juga Ketua DPD PDIP Provinsi Bali yang terlihat aktif di masyarakat. Bagi-bagi hibah oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta yang langsung turun ke Karangasem juga diakuinya berdampak besar.

Selain itu, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri yang juga ketua DPD Nasdem Karangasem juga berdampak terhadap perolehan kursi Golkar. Seperti diketahui, perolehan kursi Nasdem diperkirakan melesat dibandingkan lima tahun lalu. “Istilahnya itu, kami di Golkar terjepit. Terjepit oleh PDIP dan Nasdem,” terang Sukerana.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPC PDIP Karangasem I Gede Dana menegaskan, berdasarkan hasil penghitungan internal, PDIP minimal meraih 12 kursi. Itu berdasarkan data C1 yang masuk ke PDIP.

“Dua belas kursi itu minimal. Masih ada kemungkinan bertambah karena input C1 baru 85 persen,” terang Gede Dana, salah satu caleg DPRD Karangasem yang dipastikan lolos dari dapil Kecamatan Abang itu.

Dengan meraih dua belas kursi, Gede Dana memastikan partainya bakal merebut kembali kursi ketua DPRD Karangasem. Hanya saja, ketua DPRD Karangasem (periode 2009-2014) itu enggan memastikan dirinya kembali dipercaya sebagai ketua dewan.

Namun yang pasti dari sekian caleg PDIP yang diperkirakan lolos itu, Gede Dana menempati posisi tertinggi dari sisi struktur partai. “Nanti partai menentukan siapa yang akan jadi ketua dewan,” ujar politikus asal Desa Datah, Kecamatan Abang itu.

(bx/wan/hai/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia