Selasa, 22 Oct 2019
baliexpress
icon featured
Politik
PEMILU 2019

PDIP Kuasai DPRD Tabanan, Demokrat dan Hanura Out dari Sanggulan

21 April 2019, 20: 53: 32 WIB | editor : I Putu Suyatra

PDIP Kuasai DPRD Tabanan, Demokrat dan Hanura Out dari Sanggulan

Ilustrasi (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, TABANAN - Dua partai yang sebelumnya ada di DPRD Tabanan diprediksi akan 'terusir' dari Dewan Sanggulan. Kedua partai tersebut adalah Partai Demokrat dan Hanura. Sebelumnya Partai Demokrat memiliki satu Fraksi dan Hanura menjadi Fraksi Gabungan dengan Partai Nasdem. Untuk itu, ke depan, DPRD Tabanan kemungkinan hanya akan ada tiga fraksi. Yakni Fraksi PDIP, Fraksi Golkar dan Fraksi Nasdem.  

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun di lapangan, sebelumnya diberitakan bahwa 31 kursi dari total 40 kursi di DPRD Tabanan diprediksi akan diisi oleh caleg dari PDIP.  Itu  berdasarkan dengan hasil penghitungan suara sementara yang dilakukan DPC PDIP Tabanan.

Sedangkan 9 kursi sisanya diprediksi diduduki oleh caleg dari Partai Golkar sebanyak 4 orang, dari Partai Nasdem sebanyak 4 orang, dan 1 orang dari Partai Gerindra. Untuk Golkar masing-masing Dapil mendapatkan 1 kursi. Begitu pun Partai Nasdem. Sementara Partai Gerindra diperkirakannya hanya lolos pada Dapil IV Kediri-Marga saja.

Untuk Partai Golkar, caleg yang disebut-sebut lolos yakni Ni Made Meliani di Dapil I (Tabanan-Kerambitan). Meliani sendiri merupakan incumbent yang kini duduk di posisi wakil Ketua DPRD Tabanan. Sedangkan dari Partai Gerindra ang diprediksi lolos hanya Ni Nengah Sri Labantara yang merupakan incumbent dan duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Tabanan.

Sekretaris DPC Nasdem Tabanan, I Made Putrayadi mengatakan bahwa berdasarkan hasil penghitungan suara yang dilakukan oleh internal DPC Nasdem Tabanan melalui saksi-saksi di masing-masing TPS, diprediksi ada empat orang calegnya yang lolos ke Dewan Sanggulan. 

Adapun nama-nama caleg tersebut adalah Dapil I (Tabanan-Kerambitan) yakni I Gede Sudiartha atau I Wayan Sutarma karena selisih suara yang tipis, kemudian Dapil II (Pupuan-Selamadeg Raya) yakni Ketut Loka Antara apabila hasil perolehan suaranya lebih besar dari caleg dari Partai Gerindra, Dapil III (Penebel-Baturiti) yakni I Gusti Ngurah Sanjaya yang merupakan incumbent, dan Dapil IV (Kediri-Marga) yakni Ida Ayu Ketut Candrawati yang juga incumbent.

"Tapi yang baru kita pastikan itu 3 kursi, karena untuk Dapil II masih belum berani kita pastikan. Setelah pleno dari KPU baru bisa kita ketahui," ungkapnya saat dikonfirmasi Minggu (21/4).

Dirinya menambahkan sesuai Pleno nanti Nasdem Tabanan berhasil meraih 3 atau 4 kursi maka pihaknya sangat bersyukur. Karena pada periode sebelumnya Nasdem Tabanan hanya mampu meraih 2 kursi di DPRD Tabanan yakni Dapil III dan Dapil IV. "Berarti ada kemungkinan Nasdem Tabanan bisa membentuk 1 fraksi di DPRD Tabanan nanti," tandasnya.

Dengan demikian, perolehan kursi Partai Nasdem yang pada tahun 2014 sebanyak 2 kursi bisa saja bertambah menjadi 4 kursi, kemudian Partai Golkar yang sebelumnya 6 kursi berkurang menjadi 4 kursi, Partai Gerindra yang sebelumnya 4 kursi berkurang menjadi 1 kursi. Dan Partai Demokrat serta Hanura terancam 'terusir' karena tak ada calegnya yang lolos.

Sementara itu pimpinan partai lainnya belum bisa memberikan komentar dan memilih menunggu hasil resmi dari KPU Tabanan.

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia