Minggu, 26 May 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Rapat Pleno Rekapitulasi Digelar di GOR Kompyang Sujana

22 April 2019, 21: 04: 27 WIB | editor : Nyoman Suarna

Rapat Pleno Rekapitulasi Digelar di GOR Kompyang Sujana

PLENO : Rapat pleno rekapitulasi berlangsung, Senin (22/4) di Gelora Olah Raga (GOR) Kompyang Sujana, Denpasar. Masyarakat diharapkan sabar menunggu hasil resmi. (AGUNG BAYU/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, DENPASAR – Dua kecamatan di Denpasar melakukan rapat pleno rekapitulasi, Senin (22/4), di GOR Kompyang Sujana.  Pertama, Denpasar Barat yang menjadi dua kelompok secara paralel. Kelompok pertama adalah Dapil 1, dimulai dari Desa Dauh Puri Kangin.

“Kalau dari Dapil 2, mulai dari Desa Padangsambian Kelod. Selain Denpasar Barat, Kecamatan Denpasar Utara juga melangsungkan pleno, Senin (22/4). Sedangkan Denpasar Selatan dan Denpasar Timur, dimulai Selasa (23/4),” ujar Komisioner KPU Kota Denpasar Windia.

Windia mencontoh jalannya sistem rapat pleno rekapitulasi yang diambil dari satu desa. Seluruh TPS di desa tersebut direkap, mulai dari suara presiden dan wakil presiden dan seterusnya.

“Setelah setiap desa selesai, akan digabungkan dalam rekapitulasi di tingkat kecamatan. Ketika di tingkat kecamatan sudah selesai, baru tingkat kota Denpasar. Berjenjang demikian,” tegas Windia kepada Bali Express (Jawa Pos Group).

Windia menyebutkan, sejauh ini pihaknya tidak menemukan kesulitan dalam proses rekapitulasi. “Berjalan cukup lancar. Mudah-mudahan ke depannya juga demikian. Sehingga target 17 hari bisa tercapai,” ucapnya.

Seluruh TPS yang berjumlah 517 di Kecamatan Denpasar Barat, berkumpul di GOR Kompyang Sujana. “Jadi ada dua kelompok yang sistemnya paralel, yakni kelompok satu dan kelompok dua,”  kata dia seraya menambahkan, tujuan paralel adalah mempercepat proses dan tidak memakan waktu terlalu lama.

Rapat rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara di tingkat kecamatan Denpasar Barat dimulai dari pukul 08.00. “Untuk waktu selesainya, tergantung dari jumlah TPS. Tidak ada target waktu. Tergantung jumlah TPS,” ujarnya.

Ia berharap agar masyarakat bersabar karena rekapitulasi dilakukan secara manual.  Dan inilah yang diakui sebagai hasil pemilu di setiap tingkatan, mulai dari rekapitulasi dari kecamatan, kota dan provinsi sampai di KPU RI. “Kami yakin dengan kedewasaan masyarakat, khususnya Denpasar. Dan kami berharap sabar menunggu sampai KPU RI menetapkan hasilnya,” tutupnya.

(bx/art/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia