Selasa, 21 May 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Suwirta Ikut Gubernur Bertemu Jokowi, Gerindra Cuek

23 April 2019, 23: 06: 46 WIB | editor : Nyoman Suarna

Suwirta Ikut Gubernur Bertemu Jokowi, Gerindra Cuek

TERKAIT KEMENANGAN: Gubernur Wayan Koster bersama beberapa bupati bertemu Presiden Jokowi di Jakarta. (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, DENPASAR – Gubernur Bali Wayan Koster akhirnya benar-benar diundang calon presiden nomor urut 01 yang juga incumbent, Joko Widodo (Jokowi). Undangan itu muncul setelah perolehan suara Jokowi yang berpasangan dengan cawapres KH Ma’ruf Amin di Bali mencapai 90 persen lebih.

Undangan itu akhirnya terealisasi, Selasa (23/4) di Istana Merdeka. Koster datang ke sana tidak seorang diri. Ada Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Bupati Gianyar Made Agus Mahayastra, Bupati Karangasem I GA Mas Sumatri, serta Bupati Klungkung Nyoman Suwirta yang notabene kader Gerindra.

Menanggapi keikutsertaan Suwirta dalam undangan tersebut, pengurus DPD Gerindra rupanya tidak terlalu ambil pusing. Sekalipun dalam pilpres kali ini, perolehan suara pasangan capres dan cawapres yang diusung Gerindra, Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno anjlok di Klungkung.

“Kami tidak mau negative thinking (berpikiran negatif). Kami melihat kehadiran beliau (Suwirta) sebagai pejabat eksekutif,” tukas Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (OKK) DPD Gerindra Bali, I Made Gede Ray Misno, Selasa malam.

Dalam konteks itu, sambung Ray Misno, wajar saja untuk memenuhi undangan pemerintahan di tingkat atas. “Masak menolak. Harus tetap mengikuti irama pemerintahan, tetapi tetap dengan aroma Gerindra,” imbuhnya.

Baginya, tidak ada yang salah dengan keikutsertaan Suwirta dalam rombongan gubernur. “Segala sesuatu itu mesti dilihat dari kaca mata objektif,” ujarnya lagi.

Namun, dalam konteks hasil pilpres belum lama ini, Ray menegaskan, internal partai pasti akan melakukan evaluasi. Apalagi perolehan suara pasangan capres dan cawapres yang diusung Gerindra anjlok di Klungkung. “Yang jelas, setelah pemilu ini, kami akan rapi-rapi semua. Evaluasi di internal untuk (pemilu) ke depannya,” ujar politisi dengan penampilan khas plontos ini.

Apa termasuk dalam konteks pilkada? “Iya. Termasuk itu (pilkada). Tapi untuk yang hari ini (keikutsertaan Suwirta), kami pandang secara objektif saja. Kami ini bukan orang-orang emosional,” pungkasnya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur Bali Wayan Koster memperoleh kejutan manis pada Kamis (18/9), setelah pasangan Jokowi-Ma’Ruf Amin memperoleh suara fantastis di Bali, menurut sebagian besar hasil hitung cepat.

Waktu itu Jokowi menghubunginya melalui telepon. Jokowi menyampaikan apresiasinya atas dukungan luar biasa rakyat Bali pada pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Selain mengucapkan terima kasih, Jokowi juga mengundang Koster ke Istana Merdeka yang akhirnya direalisasikan Selasa (23/4).

(bx/hai/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia