Jumat, 24 Jan 2020
baliexpress
icon featured
Enjoy Bali
Menjelajah Pantai Nunggalan di Pecatu

Pantai Tersembunyi, dengan Spot Foto Instagramable

26 April 2019, 12: 36: 05 WIB | editor : Nyoman Suarna

Pantai Tersembunyi, dengan Spot Foto Instagramable

TERSEMBUNYI : Walaupun berjalan cukup jauh, kelelahan itu akan terbayar setelah menikmati indahnya Pantai Nunggalan. Ingin tahu, silakan coba.

Share this      

BALI EXPRESS, BADUNG - Wisata pantai bisa dikatakan sudah menjadi napas dari industry pawisata di Bali. Hal ini tidak salah, karena hampir sebagian besar spot wisata di Bali adalah wisata pantai. Untuk wisata pantai, hampir seluruh wilayah di Bali memiliki spot yang layak untuk dikunjungi.

Seperti Pantai Kuta dan Sanur,  kedua pantai ini sudah melegenda dalam industry pariwisata di Bali, hingga pantai-pantai yang tersembunyi dan memerlukan sedikit “perjuangan” untuk mencapainya. Salah satu pantai eksotik yang saat ini menjadi salah satu spot menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Nunggalan, yang oleh wisatawan asing lebih dikenal dengan nama Nunggalan Beach.

Untuk mencapai pantai yang masih merupakan bagian dari Pantai Nyang Nyang ini, wisatawan bisa mengaksesnya melalui Jalan Batu Nunggalan yang lokasinya berdekatan dengan jalan akses ke Pantai Dream Land. Dari jalan Batu Nunggalan yang sudah diaspal ini, selanjutnya wisatawan bisa memarkir kendaraan di areal parkir yang sudah tersedia dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Pantai ini menjadi salah satu spot wisata favorit bagi wisatawan asing maupun wisatawan lokal, khususnya wisatawan yang ingin menikmati pantai yang sepi. Pantai Nunggalan menawarkan pemandangan yang cantik, karena lokasi pantai berbatasan langsung dengan Samudra Hindia di sebelah selatan. Pantai ini memiliki pemandangan berupa lautan yang biru dengan kombinasi warna langit yang cantik.

Meski memiliki pemandangan yang cantik lengkap dengan sisa kapal karam yang cocok digunakan sebagai spot foto yang instagramable, untuk mencapai pantai ini, wisatawan harus sedikit “berjuang”. Pasalnya, dari areal parkir untuk mencapai pantai ini, pengunjung harus berjalan kaki menuruni tangga selama 25 menit.

Agung Dewi, salah seorang pengunjung pantai yang kebetulan bertemu dengan Bali Express (Jawa Post Group) ketika berwisata ke pantai ini, mengakui, untuk mencapai Pantai Nunggalan, memang harus berjalan kaki, karena pantai ini terletak di bawah tebing. “Kalau ingin ke pantai, memang harus jalan kaki, karena tidak ada akses jalan kendaraan. Pantai ini kan terletak di bawah,” jelasnya.

Meskipun perjalanan menuju pantai cukup melelahkan, Dewi mengatakan, pengunjung tidak perlu khawatir, sebab di sepanjang perjalanan menuju pantai, wisatawan akan dimanjakan dengan ratusan spot foto yang ciamik.

Mulai dari latar perbukitan yang ditumbuhi tumbuhan khas batu kapur hingga pemandangan pantai yang ada di bawah tebing kapur yang berwarna putih. Selain spot foto yang cantik, jika lelah, wisatawan bisa beristirahat di warung –warung kecil yang ada di sepanjang treck trecking ini.

Selain menjual makanan dan minuman khas warung, seperti soft drink hingga mie rebus, warung-warung ini juga menjual beragam jenis produk cendramata seperti, kalung manic-manik, gantungan kunci hingga sarung Bali.

Made Sumardana, salah seorang pemilik warung di sepanjang jalur trecking ini mengatakan,  Pantai Nunggalan saat ini menjadi salah satu spot wisata favorit, tidak saja oleh wisatawan local, tetapi juga oleh wisatawan asing. “Bahkan kunjungan ke pantai ini didominasi turis asing dan orang Jakarta, kalau masyarakat local sangat jarang,” jelasnya.

Dilanjutkan Sumardana, Pantai Nunggalan ini akan ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan, seperti hari Sabtu dan Minggu. “Jika sudah akhir pekan, sudah dipastikan wisatawan banyak yang datang, khususnya wisatawan asing dan tamu Jakarta,” lanjutnya.

Selain menikmati pantai yang teduh dan tenang karena di Pantai Nunggalan ini memiliki banyak pohon peneduh, wisatawan yang datang ke Pantai Nunggalan, menurut Sumardana, juga bisa berfoto dengan latar belakang Pantai.

Selain itu, Pantai Nunggalan memiliki satu spot foto yang sangat ciamik, yakni bangkai kapal karam yang ada di bibir pantai. Spot ini, diakui Sumardana maupun Dewi, menjadi salah satu spot foto favorit wisatawan. “Saya datang kemari karena memang ingin berfoto dengan latar belakang kapal karam ini, kapalnya cantik,” ungkapnya.

Di samping berselfie, aktivitas lain yang bisa dilakukan di pantai ini adalah surfing. Untuk aktivitas ini, biasanya dilakukan wisatawan asing.

Wisatawan ini, dikatakan Sumardana, memang sengaja datang untuk menjajal keganasan ombak Pantai Nunggalan. “Kalau yang surfing biasanya turis asing. Mereka sengaja datang untuk surfing, biasanya dari pagi sampai malam,” jelasnya.

Bagi wisatawan yang tidak bisa surfing, juga tetap bisa menikmati keindahan pantai dengan cara berenang. Namun demikian, Sumardana mengingatkan,  jika  air laut sedang pasang, sebaiknya tidak berenang.

Sebab, posisi pantai yang berbatasan langsung dengan Samudra Indonesia membuat kondisi air pasang cukup berbahaya. “Kalau pasang, sebaiknya tidak berenang, karena arus air sangat kuat, sehingga membahayakan keselamatan wisatawan,” tambahnya.

(bx/gek/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia