Kamis, 20 Jun 2019
baliexpress
icon featured
Enjoy Bali

Dumara Café and Bakery; Menu Dessert, Berat Hingga Nasi Campur Bali

30 April 2019, 12: 18: 25 WIB | editor : I Putu Suyatra

Dumara Café and Bakery; Menu Dessert, Berat Hingga Nasi Campur Bali

LENGKAP: Tak hanya menyediakan menu dessert, namun juga ada makanan berat bahkan makanan dengan citarasa Bali. (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, UBUD - Jika berwisata ke ubud, wisatawan tidak saja dimanjakan oleh beragam aktivitas wisata budaya dan wisata alam, namun bagi yang memiliki hobby kuliner, Ubud menyediakan beragam jenis menu makanan yang bisa dinikmati oleh wisatawan.

Hal ini tidak salah, karena di Ubud terdapat ratusan kafe dan ataupun restoran yang menyediakan menu beragam jenis menu makanan mulai dari menu makanan halal, non halal hingga menu makanan vegetarian. Bagi pencinta desert dan bakery, Ubud juga memberikan banyak pilihan tempat untuk memanjakan wisatawan.

Salah satunya adalah Dumara Café and bakery, destinasi wisata yang berlokasi di jalan Raya Pengosekan Mas Ubud, tepatnya di sebelah timur pertigaan Pengosekan-Teges ini lebih dikenal sebagai café dessert dan bakery oleh wisatawan yang berkunjung ke Ubud.

Meski beragam jenis dessert menjadi menu andalan dari café shop ini, ternyata Dumara Café juga memiliki beragam jenis menu makanan berat, mulai dari western food hingga Balinese food.

Gusti Ngurah Arya, staf Dumara Café mengatakan jika Dumara Café and Bakery saat ini tidak saja menjadi destinasi wisata kuliner yang dikenal dengan menu dessert dan kopinya. “Namun Dumara juga menyediakan beragam jenis menu makanan berat seperti pasta, Pizza hingga nasi campur bali,” jelasna.

Sedangkan untuk jenis dessert, Dumata Café memiliki beragam jenis Dessert yang sangat tidak saja cocok dinikmati sebagai menu penutup, namun juga sangat pas dinikmati sebagai teman minum kopi. Salah satu jenis dessert yang menjadi unggulan di Dumara Café adalah éclair.

Kue yang berasal dari prancis ini dikatakan Arya cukup digemari oleh masyatakat karena éclair ala Dumara dibuat sedikit berbeda daripada éclair pada umumnya. Keunikan dari éclair ala Dumata ini terletak pada adonan vla yang dibuat lebih lembut dengan rasa vanili yang tidak terlalu tajam. “Selain itu rasa manis pada kue ini sengaja kami tidak tonjolkan, karena kami ingin rasa vla yang lebih dominan,” tambahnya.

Selanjutnya adalah Danish Chocolate dan Apple Turn Over, pastry ini disebutkan Arya memiliki citarasa pastry yang khas yakni rasa renyah yang dipadukan dengan segarnya buah apel dan rasa manis dari coklat.

Bagi yang tidak ingin menyantap kue manis, Dumata menurut Arya juga menyediakan pilihan dessert yang rendah gula dan rendah kalori. Salah satunya adalah Raw Dark Chocolate with Goji Berry. Sesuai dengan namanya, menu ini terbuat dari coklat murni tanpa tambahan gula dan dibuat dengan tambahan buah goji berry dan daun mint.

Sebagai teman menyantap dessert ini, Dumara Café juga menyediakan beragam jenis mimunan, mulai dari healty juice yang disajikan tanpa tambahan gula dan beragam jenis minuman lainnya, seperti mojito, hot chocolate float, beautiful lassie dan rock chocolate.

Sementara bagi pencita kopi, Dumara Café juga memiliki kopi yang tidak kalah nikmat dengan caffee shop yang ada di Ubud. Salah satu jenis kopi yang harus dicoba jika berkunjung ke Dumara Café ini adalah Butter Coffe.

Butter Coffee atau yang lebih dikenal dengan nama Bulletproof Coffee ini adalah kopi yang diracik dengan menggunakan mentega sebagai penganti gula dan krim yang biasanya dicampurkan dalam racikan kopi.

Namun dalam racikan kopi ini, Arya menyebutkan jika mentega yang digunakan adalah mentega organic tanpa tambahan garam. “Karena ada tambahan mentega ini, maka rasa kopi ini menjadi gurih, namun rasa gurih tersebut tidak mendominasi, karena rasa kopinya masih terasa,” terangnya.  

Menjadi Dua Spot Yang Menarik

MESKIPUN berlokasi di pusat aktivitas wisata di ubud, namun Dumara Café mampu menawarkan suasana nyaman dan asri. Hal ini karena Dumara Café terbagi menjadi dua areal, yakni area indoor yang berada di bagian depan dan areal outdoor di bagian belakang.

Di areal indoor yang menyatu dengan café pastry ini, pengunjung Dumara bisa bersantai sambil menikmati menu makanan ataupun Dessert di meja dan kursi kayu yang disediakan sambil menikmati padatnya aktivitas jalan raya di Jalan Raya Pengosekan ubud.

Sementara untuk area Outdoor, pengunjung Dumara dimanjakan dengan suasana kebun yang asri karena di areal kebun bagian belakang ini wisatawan bisa bersantai di kursi dan meja rotan yang disediakan pengelola sambil menikmati makanan. “Untuk area Outdoor ini ada dua pilihan, yakni di garden atau di lounge terbuka yang kami sediakan, jika digarden wisatawan akan duduk di kursi rotan yang ada di bawah pohon palem yang asri,” ungkap Arya.

Selain dimanjakan dengan udara yang segar, jika pengunjung memilih di areal outdoor  ini, maka pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang hijau dan suara gemericik air yang berasal dari kolam buatan yang terletak di bagian samping kebun.

Untuk harga makanan di Dumara, Arya mengatakan harga makanan yang dipatok di Dumara Café ini cukup terjangkau, mulai dari Rp 7 ribu sampai dengan Rp 45 ribu untuk pastry dan Rp 15 ribu sampai dengan rp 115 ribu per porsi untuk makanan. “Kami menerapkan system satu harga, jadi baik wisatawan asing ataupun lokal, mereka membayar dengan harga yang sama,” tambahnya.

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia