Selasa, 12 Nov 2019
baliexpress
icon featured
Bisnis

HPCI Chapter Bali Ikuti Safety Riding Skill Dan Edukasi Safety Ban

09 Mei 2019, 08: 07: 22 WIB | editor : I Putu Suyatra

HPCI Chapter Bali Ikuti Safety Riding Skill Dan Edukasi Safety Ban

EDUKASI SAFETY RIDING: Sebanyak 30 orang anggota Honda PCX Club Indonesia mengikuti edukasi safety riding skill dan edukasi Ban di area Safety Riding Course Milik Astra Motor Bali di tabanan. (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, DENPASAR - Astra Motor Bali melalui team safety ridingnya selalu rutin memberikan edukasi serta menunjukkan kepeduliannya terhadap keselamatan berkendara di jalan raya. Dalam edukasi yang dilakukan akhir pekan lalu, melibatkan anggota Honda PCX Club Indonesia (HPCI) untuk mengikuti pelatihan safety riding teori & skill di area safety riding course gudang Megati Tabanan.

Ngurah Iswahyudi, Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, Rabu sore (8/5)  kemarin di kantor Astra Motor Bali mengatakan dalam edukasi kali ini, sebanyak 30 anggita HPCI mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. "Seluruh anggita HPCI secara antusias mengikuti pelatihan yang dilaksanakan selama satu hari," jelasnya.

Adapun materi pelatihannyang diberikan antara lain, perlengkapan berkendara, mempersiapkan kendaraan, cara pengereman yang aman, cara mengendalikan kendaraan dengan slalom skill seluruh peserta bersemangat mengikutinya. 

Selanjutnya dari sesi pengereman, para peserta masih terbiasa menggunakan rem belakang terlebih dahulu daripada rem depan, oleh team safety riding secara langsung mempraktekan cara pengereman yang benar dengan menggunakan rem depan lebih maksimal untuk menurunkan kecepatan daripada rem belakang dengan komposisi 60 persen di depan dan 40 persen  dibelakang untuk yang masih pemula.

Selain pelatihan safety riding, seluruh peserta juga diedukasi tentang tingkat kehausan ban. Hal penting yang perlu diperhatikan saat mempersiapkan kendaraan yaitu tentang kondisi ban. Tim safety riding memberikan petunjuk keausan ban yang ditandai dengan lambang segitiga di pinggir ban dan adanya tonjolan jalur ban sejajar dengan posisi lambang tersebut, jika permukaan ban sudah sejajar atau rata dengan dengan tonjolan tersebut berarti ban wajib diganti karena ban tersebut sudah tidak maksimal digunakan. "Karena fungsi dari alur ban adalah menyalurkan air yang dilintasi ban terbuang langsung keluar ban, jika ban sudah aus maka air tidak akan terbuang dan bisa mengakibatkan licin dan rawan terjatuh," lanjutnya.

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia