Selasa, 18 Feb 2020
baliexpress
icon featured
Politik

Parta Lolos ke Senayan, Sama Gundul dan Jalan Kaki 14 Km

09 Mei 2019, 17: 33: 26 WIB | editor : I Putu Suyatra

Parta Lolos ke Senayan, Sama Gundul dan Jalan Kaki 14 Km

GUNDUL: I Wayan Sama, 40, yang bayar kaul dengan gunduli kepala dan jalan kaki sejauh 14 kilometer, Kamis (9/5). (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, GIANYAR - Seorang warga Desa Batuan Kaler, Kecamatan Sukawati, Gianyar, I Wayan Sama, 40, menggelar aksi yang tergolong unik. Pasalnya ia membayar kaul (janji) dengan menggunduli kepalanya dan berjalan kaki sepanjang 14 kilometer, dari Desa Guwang menuju depan kantor DPRD Gianyar, Kamis (9/5). Ia membayar kaul lantaran lolosnya Caleg DPR RI Dapil Gianyar dari Partai PDIP I Nyoman Parta.

Wakong adalah sapaan akrabnya. Dia sendiri merupakan salah satu ‘Teman Parta’ sebuah komunitas yang mendukung Nyoman Parta maju ke Senayan. Wakong juga mengawali perjalannya dari depan Balai Banjar Wangbung, Desa Guwang mulai pukul 04.00.

Sesangi untuk gundul dan jalan kaki ini sudah diucapkan sekitar tujuh bulan lalu. Ditemui di sela perjalanan, Wakong mengaku mulai potong rambut hingga gundul pada Rabu (8/5) dua hari lalu. “Gundulnya baru kemarin di rumah,” ungkapnya.

Pria yang telah menggundul kepalanya itu berjalan kaki menuju Kantor DPRD Kabupaten Gianyar, melalui Desa Sukawati, Desa Batuan, Desa Batuan Kaler, Desa Kemenuh, Pasar Blahbatuh ke utara menuju Bypass Dharmagiri. Ia akhirnya tiba tepat di depan gedung dewan sekitar pukul 08.57 yang dibuntuti oleh rekannya menggunakan sepeda motor.

Sekitar 5 jam, Wakong melakukan aksinya tersebut demi membayar kaul yang pernah ia ucapkan kepada rekan-rekannya. Bahkan setiap catus pata wilayah yang ia lewati, dihaturkan 4 buah canang. Sedangkan total canang yang ia haturkan sekitar 100 buah yang ia siapkan dari rumah.

Dalam perjalanan, ia mengaku sempat istirahat makan nasi jingo di Pasar Blahbatuh. Bahkan dijamu oleh sesama Teman Parta yang salut dengan aksi yang dilakukan tersebut. Motivasinya pun sampai melontarkan ucapan seakan membakar kobaran semangat Politisi Nyoman Parta dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat Bali.

 “Karena tyang merasa ikut semangat melihat perjuangan Pakman Parta yang serius merawat Bali. Pakman juga mendidik masyarakat agar tidak fragmatis, tidak melulu soal uang. Pakman Parta turun siang malam tidak kenal waktu. Sehingga terketuk hati tyang untuk ikut berjuang, meski dalam kapasitas kecil dengan langkah ini,” jelasnya.

Meski belum penetapan oleh KPU RI, karena sudah diprediksi lolos sehingga Wakong memutuskan untuk membayar kaulnya tersebut. Dipilihnya tujuan kantor DPRD Kabupaten Gianyar didasari juga mensyukuri kemenangan paket satu jalur.  “Janji harus ditepati, maka saya buat aksi ini,” pungkasnya.

(bx/ade/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia