Kamis, 20 Jun 2019
baliexpress
icon featured
Balinese

Pura Santi Bhuwana Belgia Digagas Eric Domb

12 Mei 2019, 22: 27: 14 WIB | editor : Nyoman Suarna

Pura Santi Bhuwana Belgia Digagas Eric Domb

DIGAGAS: Pura Santi Bhuwana yang berada di Belgia, digagas Eric Domb. (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, BELGIA - Berdasar ulasan yang didapatkan koran ini dari beberapa pihak yang terkait pembangunan pura di Belgia ini, menyebutkan nama Eric Domb. Hingga akhirnya Pura terbangun di tengah taman dengan luas 55 hektar. Dibuat dengan sangat Bali, hingga bahan – bahan dan undagi datang khusus dari Bali. Bahkan materialnya sampai 300 kontainer didatangkan dari Bali.

Kisah awalnya, Eric Domb Bersama keluarga datang ke Bali sekitar 30 tahun lalu. Hingga akhirnya Eric Domb memimpin Parc Paradizia, muncul keinginan untuk membuat Parc Paradizia tidak hanya menjadi sebuah taman wisata flora dan dan Fauna namun ada jejak budaya. Akhirnya Eric Domb datang lagi ke Bali. Dan dia jatuh cinta dengan Bali.

Sekembali Eric Domb dari Bali, beliau kemudian menceritakannya kepada jajaran direktur dan tim yang ia pimpin. Dan sepakat untuk membangun pura pada area Indonesia Garden. Tahun 2006 dengan arsitek Ketut Padang Subadra, akhirnya mulai dibangun pura.

Ada beberapa hambatan, karena di kawasan ini ada kastil tua yang sangat dihormati. Ada rasa khawatir keberadaan Pura akan mengurangi makna keberadaan kastil. Namun Eric Domb menyakinkan Pemerintah Belgia.

Demikian juga ketika mendatangkan para pekerja langsung dari Bali, juga bukannya tanpa hambatan dari masyarakat Belgia ataupun departemen tenaga kerja Belgia. Namun bisa diyakinkan, malah akhirnya para undagi yang membuat patung dan ukiran menjadi tontonan menarik bagi warga Belgia. Karena batu keras bisa menjadi patung bernilai seni tinggi. Dan ukiran – ukiran yang sangat rumit. Hingga akhirnya pura diresmikan 18 Mei 2009.

(bx/art/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia