Kamis, 20 Jun 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Gunawan dan Rawan Potensial Menjabat Ketua Fraksi Golkar

12 Mei 2019, 23: 00: 33 WIB | editor : Nyoman Suarna

Gunawan dan Rawan Potensial Menjabat Ketua Fraksi Golkar

Gde Sumarjaya Linggih, Plt Ketua DPD I Partai Golkar Bali. (DOK. BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, DENPASAR – Hasil pemilihan legislatif (pileg) 2019 di Bali telah ditetapkan secara nasional dalam rapat pleno yang digelar Jumat (10/5) lalu. PDIP dipastikan menjadi partai yang mendominasi kursi di DPRD Bali. Tak hanya itu, partai moncong putih ini juga dipastikan kebagian jatah ketua DPRD Bali.

Terlepas dari itu, perebutan unsur pimpinan DPRD Bali lainnya yang tidak kalah seru, yakni posisi ketua fraksi. Terlebih fraksi merupakan perpanjangan tangan partai di lembaga legislatif.

Di luar PDIP, ada Golkar yang menjadi partai kedua yang memperoleh kursi terbanyak kedua, yakni delapan kursi. Sejauh ini, ada dua nama yang muncul sebagai kandidat ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Bali,  antara lain Wayan Gunawan, mantan ketua fraksi yang sempat dicopot di tengah jalan, serta Wayan Rawan Atmaja, politisi Golkar dari dapil Badung dengan perolehan 16.760 suara.


Terkait posisi ketua fraksi, Plt Ketua DPD I Partai Golkar Bali, Gde Sumarjaya Linggih menegaskan, semua caleg yang lolos memiliki peluang sama. “Semuanya berpeluang,” ujarnya Minggu (12/05).


Meski begitu, dia juga menyebutkan, ada beberapa kriteria yang mesti dipakai sebagai syarat bagi kader di legislatif untuk duduk di kursi ketua fraksi, yakni masuk dalam struktur partai serta PDLT (Prestasi, Dedikasi, Loyalitas, tidak Tercela), sekaligus punya pengalaman di dewan. “Akan kami lihat siapa saja yang memenuhi syarat tersebut,” imbuhnya.

Sementara itu, Wayan Gunawan ogah membahas siapa yang bakal duduk sebagai ketua fraksi. Anggota Komisi I DPRD Bali ini menyerahkan sepenuhnya kepada partai. “Berkaitan dengan posisi ketua fraksi, saya serahkan kepada induk partai. Tidak dalam kapasitas saya menilai diri. Tidak dalam kapasitas saya berbicara ketua fraksi,” akunya.

 
Namun dia berharap, siapa pun yang nantinya ditunjuk sebagai ketua fraksi, haruslah mampu bekerja sama dengan baik, dan bisa mengakomodir keinginan partai serta anggota. “Diharapkan nanti kan kerja kolektif dari Fraksi Golkar,” tandasnya.

(bx/hai/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia