Selasa, 10 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Banyu Pinaruh, Pantai Sanur Ramai Pengunjung

12 Mei 2019, 23: 13: 15 WIB | editor : Nyoman Suarna

Banyu Pinaruh, Pantai Sanur Ramai Pengunjung

RAMAI: Suasana Pantai Sanur yang dipadati masyarakat Denpasar dan sekitarnya, bertepatan dengan Banyu Pinaruh, Minggu (12/5) pagi. (KOMANG AYU PRADNYA INDRAWATI/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, DENPASAR - Akhir pekan menjadi hari libur sekaligus merilekskan tubuh serta jiwa dari rutinitas sehari-hari. Banyak pilihan yang dapat dilakukan, salah satunya mandi di pantai. Nah bertepatan dengan Banyu Pinaruh, akhir pekan Minggu (12/5), Pantai Sanur pun terlihat lebih ramai oleh kunjungan warga, baik yang hanya sekadar mandi, atau sekaligus melaksanakan ritual Banyu Pinaruh.

Seperti yang diketahui, Banyu Pinaruh memiliki makna untuk pembersihan diri dengan mandi di sumber mata air atau pemandian. Tujuannya adalah untuk membersihkan diri dari segala hal yang negatif, dan mendekatkan diri pada Ida Sang Hyang Widi Wasa.

“Saya datang dari jam setengah sembilan tadi. Setiap Minggu memang rutin ke pantai sama keluarga, Tapi sekarang sama anak saja. Kalau Banyu Pinaruh seperti hari ini, dari pagi sudah ramai sekali, kalau sudah siang agak sepi,” Made Brata, 47, salah seorang pengunjung.

Selain itu, sebelum mandi masyarakat juga memohon keselamatan dengan membawa sesajen, berupa canang sari dan dupa, yang dipersembahkan dan diletakan di pasir pantai. Tujuannya tentu untuk memohon keselamatan dan restu kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kunjungan yang ramai, tak sedikit juga dimanfaatkan pedagang untuk mengais rejeki. Mulai pedagang lumpia, termasuk pedagang baju, hingga penyewaan ban bebek, dan penyewaan kano.

 “Saya berjualan sudah dari jam enam pagi. Setiap hari, kalau hari raya kan ramai orang mandi di pantai. Kalau hari biasa juga ramai, tapi tidak seramai hari Minggu. Apalagi Banyu Pinaruh,” ungkap Wayan Weti, salah seorang pedagang lumpia asal Sanur.

(bx/wid/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia