Kamis, 20 Jun 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Respons Keluhan, Pemkab Gianyar Bentuk Tim Media Sosial

14 Mei 2019, 18: 34: 47 WIB | editor : I Putu Suyatra

Respons Keluhan, Pemkab Gianyar Bentuk Tim Media Sosial

RAPAT: Pemkab Gianyar tengah melaksanakan rapat pembentukan Tim Media Sosial di Ruang Sidang Kantor Bupati Gianyar, Selasa (14/5). (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, GIANYAR – Guna memberikan respon yang cepat terhadap keluhan masyarakat di media sosial, Pemkab Gianyar membetuk tim khusus. Yakni Tim Media sosial melalui Dinas Komunikasi dan Informatika dan melibatkan instansi terkait lainnya. Pembentukan itu dilakukan pada Ruang Sidang Kantor Bupati Gianyar, Selasa (14/5).

Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gianyar, I Wayan Manik Suhartanta, S.Kom mengatakan, langkah itu guna mempercepat informasi. Khususnya pembangunan Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui media sosial, menangani keluhan masyarakat, serta meluruskan pemberitaan yang tidak benar (hoax).

Tim tersebut terdiri atas utusan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gianyar. Yaitu meliputi Camat, BUMD, dan RSUD Sanjiwani, merekalah dikatakan yang nantinya mengelola media sosial masing-masing OPD. “Dengan dibentuknya tim ini, akan memudahkan komunikasi antar instansi guna memberikan respon yang cepat terhadap keluhan-keluhan masyarakat di media sosial maupun klarifikasi terhadap hoax,” terang Manik Suhartanta.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat juga akan dilaksanakan bimbingan teknis aplikasi pengaduan LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat). Mendatangkan narasumber dari KemenPanRb dengan kanal pengaduan lapor.go.id. “Nanti pengaduan masyarakat di media sosial, kita juga akan integrasikan ke aplikasi tersebut,” imbuh Manik.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gianyar, Cokorda Rai Widiarsa P. mengatakan, berkembangnya media sosial sebagai sarana interaksi antar manusia. Terlebih telah membawa paradigma baru dalam proses interaksi antara pemerintah dan masyarakat luas.

Pemerintah Republik Indonesia melalui penerbitan PermenPan dan RB No. 83 Tahun 2012 tentang Pedoman Pemanfaatan Media Sosial Instansi Pemerintahan telah berupaya menyikapi fenomena yang terjadi. “Menyikapi hal tersebut, Pemkab Gianyar berupaya membentuk tim reaksi cepat media sosial dan sekaligus admin lapor Aplikasi pelaporan online yang diluncurkan MenPan dan RB,” tukasnya.

“Tim ini nantinya mengelola informasi utamanya keluhan-keluhan masyarakat yang berkembang di media sosial untuk selanjutnya diteruskan kepada atasan masing-masing, sehingga mendapat respon yang cepat dari OPD bersangkutan,” imbuh  Cok Rai Widiarsa.

(bx/ade/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia