Kamis, 20 Jun 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Antisipasi Wabah Cacar Monyet, Dinkes Imbau Waspada

14 Mei 2019, 22: 13: 04 WIB | editor : Nyoman Suarna

Antisipasi Wabah Cacar Monyet, Dinkes Imbau Waspada

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, dr. I Nyoman Suratmika. (DEWA RASTANA/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, TABANAN - Kendati belum sampai ditemukan adanya kasus cacar monyet di Tabanan, Dinas Kesehatan Tabanan tetap mengimbau masyarakat untuk waspada. Selain itu Dinkes juga meminta masyarakat menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Kadiskes Tabanan dr. I Nyoman Suratmika menyampaikan, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan mengenai adanya kasus cacar monyet atau monkeyfox di wilayah Tabanan.

“Belum ada laporan, dan kami harapkan memang tidak ditemukan kasus itu di Tabanan,”  ucapnya, Selasa (14/5).

Kendati demikian, pihaknya sudah mengimbau seluruh petugas Puskesmas di Tabanan untuk waspada, dan tetap menyosialisasikan PHBS kepada masyarakat.

 “Kami imbau Puskesmas untuk waspada dan lakukan PHBS,” imbuhnya.

Menurutnya, penyakit tersebut ditularkan kepada manusia melalui hewan berupa monyet, tikus, tupai dan pengerat lainnya. Kasus tersebut telah ditemukan di Singapura, sehingga saat ini Indonesia waspada agar virus tersebut tidak masuk ke Bali.

“Jadi sebisa mungkin hindari kontak dengan hewan yang bisa menjadi perantara virus. Bagi yang memelihata monyet, harus benar-benar dijaga,” paparnya, seraya mencontoh masyarakat  mencuci tangan dengan sabun hingga bersih, dan yang paling penting menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

(bx/ras/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia