Jumat, 24 May 2019
baliexpress
icon featured
Bisnis

Potensi Ekspor Gurita Cukup Menjanjikan

15 Mei 2019, 08: 03: 05 WIB | editor : I Putu Suyatra

Potensi Ekspor Gurita Cukup Menjanjikan

I Ketut Arsana Yasa (DEWA RASTANA/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, TABANAN -  Nelayan di Kabupaten Tabanan selain menangkap lobster  juga dinilai mampu turut memenuhi kebutuhan pasar ekspor gurita. Terlebih permintaan akan gurita cukup tinggi sehingga membutuhkan produk yang banyak. Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Tabanan ,I Ketut Arsana Yasa menilai, saat ini potensi yang bagus gurita. Pasar ekspor membutuhkan banyak gurita. Dan nelayan Bali khususnya Tabanan diprediksi mampu ikut memenuhi kebutuhan pasar. "Sekarang ini untuk gurita banyak diminta untuk ekspor," ujarnya Selasa (14/5).

Hanya saja, kata dia bagaimana sekarang nelayan Bali khususnya Tabanan menyambut peluang tersebut. Apalagi nelayan Tabanan yang didominasi nelayan lobster tidak bisa lagi menangkap lobster ukuran dibawah 200 gram. "Karena adanya Permen KP Nomor 56 nelayan lobster tidak bisa menangkap lobster ukuran dibawah 200 gram sedangkan mereka nelayanan tradisional yang menangkap menggunakan bubu," sambungnya.

Ditambahkan, harga untuk gurita pun terbilang cukup malah sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan yakni sekitar Rp 50.000 per kilogram. Dan menurutnya di wilayah pantai selatan tidak sulit mendapatkam gurita. "Yang sering dapat itu paling kecil 2 kilogram. Terakhir saya mancing tidak sampai tiga jam dapat 6 ekor dengan total berat 17 kilogram," papar pria yang akrab disapa Sadam tersebut.

Atas kondisi tersebut pihaknya pun telah mengajak beberapa kelompok nelayan untuk mencoba mencari gurita. Namu. Sebelumnya kelompok nelayan tersebut ingin belajar dulh mengenai cara menangkap gurita yang benar termasuk pemasarannya. "Jadi kita belajar dulu," tandasnya.

Gurita dari Indonesia sendiri telah diekspor ke sejumlah negara seperti Tiongkok, Jepang, hingga Eropa.

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia