Kamis, 20 Jun 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Jelang Idul Fitri, Harga Bahan Pokok di Bangli Aman

15 Mei 2019, 09: 26: 54 WIB | editor : I Putu Suyatra

Jelang Idul Fitri, Harga Bahan Pokok di Bangli Aman

HARGA AMAN: Disperindag dan PKP Kabupaten Bangli, bersama kepolisian mengecek harga kebutuhan pokok jelang Idul Fitri di Pasar Kidul Bangli, Selasa (14/5) kemarin. (AGUS EKA PURNA NEGARA/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, BANGLI -  Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Dinas Peternakan, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (PKP) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bangli mengecek harga bahan pokok, di Pasar Kidul, Kota  Bangli Selasa (14/5) pagi. Ikut juga dalam kegiatan dari unsure kepolisian.

Kepala Disperindag Bangli, I Nengah Sudibia menjelaaskan, harga bahan pokok memang menurun. Seperti harga daging ayam, cabai, bawang putih, bawang merah, gula yang turun Rp 2.000.

Berdasarkan data, harga daging ayam ras berkisar Rp 38 ribu per kilogram. Sedangkan cabai rawit berkisar Rp 25 ribu. Untuk bawang putih yang beberapa pekan sempat tembus di angka Rp 50 ribu, kini berangsur turun hingga Rp 30 ribu.

"Secara umum untuk stok komoditi sembako masih mencukupi. Pendistribusian lancar dan tidak ditemukan penyelewengan pendistribusiannya. Sebagian besar komoditi sembako yang dipantau mengalami penurunan harga," terang Sudibia.

Sudibia menambahkan, untuk harga beras, telur ayam ras, daging sapi, bawang putih dan minyak goreng masih stabil. Tidak nampak ada kenaikan maupun penurunan harga.

Di saat yang sama, belasan toko di Pasar Kidul juga diperiksa Satreskrim Polres Bangli. Polisi mengecek kelayakan produk makanan, seperti mengecek kadaluarsa dan kualitas makanan. Pengecekan juga didampingi bagian Pengawasan dan Tata Tertib Usaha Disperindag Bangli. Hasilnya tidak ditemukan produk maupun makanan kadaluarsa.

"Tujuannya untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga khususnya komoditi sembako, menjaga stabilitas stok sembako, sekaligus antisipasi penyelewengan pendistribusian. Kami juga memberikan rasa aman kepada para konsumen, sehingga saat bulan puasa dan menjelang hari raya Idul Fitri, makanan aman dikonsumsi," kata Kasubag Humas Polres Bangli AKP Sulhadi, kemarin.

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia