Selasa, 12 Nov 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Duta Pawai PKB, Tampaksiring Tampilkan 100 Penari Sang Hyang Jaran

15 Mei 2019, 22: 22: 04 WIB | editor : Nyoman Suarna

Duta Pawai PKB, Tampaksiring Tampilkan 100 Penari Sang Hyang Jaran

PKB: Kabid Kesenian dan Kebudayaan Gianyar I Nyoman Jagra menerangkan persiapan duta Gianyar pada Pawai Pembukaan PKB tahun 2019, Selasa (14/5). (PUTU AGUS ADEGRANTIKA/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, GIANYAR – Kecamatan  Tampaksiring didaulat mewakili Kabupaten Gianyar mengisi acara pawai pembukaan Pesta Kesenian (PKB) Bali ke-41 akan dilangsungkan pada pertengahan Juni 2019 mendatang. Terkait hal itu, Tampaksiring akan mengerahkan 800 seniman dan 100 penari sang hyang jaran.

Hal itu dijelaskan Kepala Bidang Kesenian dan Kebudayaaan, Dinas Kebudayaan Gianyar I Nyoman Jagra saat ditemui di ruangannya, Selasa (14/5). Pria asal Abianbase, Gianyar ini mengatakan, untuk pawai PKB dilakukan secara bergilir, diambil dari satu kecamatan yang ada di Gianyar setiap tahunnya.

“Sesuai tema PKB tahun ini, Kecamatan Tampaksiring akan berkolaborasi dengan memainkan berbagai jenis jam angin, yaitu musik yang bersumber dari angin, karena temanya tahun ini adalah Bayu Premana,” paparnya kepada Bali Express (Jawa Pos Group).

Nyoman Jagra menerangkan, pawai nanti Gianyar akan diperkuat sekitar 800 seniman Tampaksiring. Untuk itu, sejak November 2018 lalu Gianyar sudah melakukan latihan secara rutin. Pemilihan seniman maupun warga yang terlibat di dalamnya merupakan hasil rekrutmen Listibya Gianyar maupun tim PKB Gianyar. 

Selain pementasan musik dari peralatan yang berasal dari angin, lanjutnya, pawai nanti juga diisi tarian sang hyang jaran yang dikolaborasikan dengan kecak, baleganjur dan bonang besar.

 “Semua akan dipacu oleh tim dan para seniman yang ada. Propertinya juga menggunakan bahan ramah lingkungan, dan tidak menggunakan properti mobil hias, melainkan menunjukkan potensi kabupaten atau kota masing-masing,” tukasnya. 

Terkait anggaran pawai PKB, Jagra enggan menyebutkan. Mengingat Gianyar merupakan Bumi Seni, pihaknya akan menampilkan pementasan yang terbaik.

(bx/ade/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia