Selasa, 25 Jun 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Sosialisasi Bahaya Sampah Plastik, Libatkan Penyuluh Bahasa Bali

16 Mei 2019, 13: 10: 11 WIB | editor : I Putu Suyatra

Sosialisasi Bahaya Sampah Plastik, Libatkan Penyuluh Bahasa Bali

Nyoman Parta (DOK. BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, DENPASAR – Perang terhadap sampah plastik yang dilakukan Pemprov Bali kian digencarkan. Selain melibatkan kalangan anak muda, program yang diperkuat dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 97 Tahun 2018 tentang pembatasan timbulan sampah plastik sekali pakai itu juga akan melibatkan komponen pendidikan dan budaya.

Salah satu komponen yang dilibatkan di bidang itu yakni penyuluh Bahasa Bali. Nantinya, mereka diharapkan ikut terlibat dalam proses sosialisasi mengenai bahaya sampah plastik kepada masyarakat. Hal itu seperti diungkapkan Ketua Komisi IV DPRD Bali I Nyoman Parta. “Saya berharap penyuluh Bahasa Bali nanti ikut sosialisasi tentang penanggulangan sampah plastik. Ya diberikan pemahaman dulu. Bahaya sampah plastik itu seperti apa,” ujar Parta, Rabu (16/5) kemarin.

Harapan serupa juga berlaku bagi puluhan orang penyuluh baru nantinya. Karena saat ini, Dinas Pendidikan sedang melakukan proses rekrutmen penyuluh Bahasa Bali. Lantaran ada kekosongan di 68 desa, terutama di Tabanan, Buleleng dan Jembrana. “Karena ada yang mundur. Ada yang jadi PNS,” ungkapnya.

Proses rekrutmen tenaga penyuluh Bahasa Bali tersebut sudah berlangsung sejak 13 Mei 2019 lalu, dan diawali dengan pengumuman pendaftaran. Kemudian, pengiriman berkas pendaftaran yang dijadwalkan pada 20-24 Mei mendatang.

Baru setelah itu proses seleksi. Pertama, seleksi administrasi yang dijadwalkan dari 28-31 Mei. Lalu pengumuman kelulusan seleksi administrasi pada 10 Juni. Lanjut lagi dengan tes tulis pada 12 Juni. Pengumuman kelulusan tes tulis 14 Juni, tes wawancara 17-20 Juni. Dan terakhir, pengumuman hasil seleksi secara keseluruhan pada 21 Juni.

(bx/hai/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia